Mohon tunggu...
Analisis

Dampak dan Manfaat Internet terhadap Dunia Bisnis Internasional

26 November 2018   18:48 Diperbarui: 26 November 2018   18:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam perkembangan dunia bisnis, pemanfaatan teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan sebuah perusahaan. Penerapan teknologi sudah dilakukan oleh perusahaan swasta maupun perusahaan negeri tanpa terkecuali. Penerapan teknologi bari ini, menyebabkan munculnya perubahan dalam kebiasaan maupun habit yang baru dalam dunia bisnis. 

Seperti halnya pemanfaatan internet yang telah dilakukan setiap perusahaan, seperti yang diketahui internet sangat membantu dan memudahkan setiap pekerjaan. Sejarah internet di Indonesia berawal sekitar tahun 1990-an yang tak lepas dari bantuan dosen-dosen dari Universitas Indonesia, mereka berperan sangat penting dalam pembangunan internet di Indonesia pada tahun 1992-1994. Mereka telah menyebarkan keahlian dan pengabdiannya dalam membangun bagian-bagian sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Munculnya Internet ini, memberikan kemudahan dan kelancaran bagi setiap perusahaan untuk dapat berkomunikasi secara langsung tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu-waktu tanpa mengeluarkan biaya dan hanya bermodalkan wifi. 

Dampak ini tidak hanya berpengaruh terhadap perusahaan saja tetapi juga berpengaruh terhadap para pegawai lainnya. Para pegawai tidak perlu melampirkan data secara manual, tetapi hanya perlu menggunakan fasilitas email yang tersedia secara gratis dan bisa sampai tepat waktu sesuai yang diinginkan.

Dampak lainnya ialah pada saat mengadakan rapat, pemimpin tidak perlu mengumumkan kapan diadakan nya rapat secara langsung didepan para pegawai. Pemimpin dapat langsung memberikan pengumuman baik itu menggunakan email, media sosial, whatsapp dan aplikasi lainnya. Tentu hal ini mudah dimengerti oleh pegawai dan tergolong memberikan efek yang cepat terhadap kinerja para pegawai. Perusahaan yang menggunakan jaringan internet ini memudahkan hubungan kerjasama dengan perusahaan di negara lain. 

Seperti halnya kerjasama antara negara Indonesia dengan negara Jepang dalam perdagangan sepeda motor. Dimana untuk dapat memonitoring keadaan pasar di negara Indonesia perusahaan pusat akan memanfaatkan media internet untuk dapat mengetahui kondisi perusahaannya dengan mempercayakan seseorang untuk menjadi tangan kanan dari perusahaan pusat tersebut.

Manfaat internet terhadap komunikasi internasional antara lain :

  • Menciptakan peluang bisnis Internasional : Tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis yang dikelola dengan internet dapat menjangkau menjadi bisnis internasional. Semua orang terhubung dalam internet yang tentunya memiliki akun di suatu aplikasi sosial media. Tentunya hal ini menjadi ilmu pengetahuan bagi perusahaan lain untuk dapat memperluas jaringan perusahaannya.
  • Memudahkan komunikai bisnis : Kegunaan internet sebagai media komunikasi adalah fungsi yang utama, dua orang atau lebih dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung, tetapi juga bisa menggunakan media chatting. Media ini bisa mengirimkan text, video, gambar, dokumen, serta peta lokasi. Dimana setiap orang akan menjadi lebih mahir lagi dalam berbahasa dan tidak hanya meguasai satu bahasa saja, tetapi dapat meguasai bahasa lain seperti bahasa internasional.
  • Jangkauan yang luas dan sebagai media promosi : Dengan adanya media internet, perusahaan dapat mempromosikan instansinya maupun produk mereka dikanacah dunia. Sehingga siapa saja yang dapat melihat tanpa harus melakukan transaksi maupun berkunjung langsung keperusahaan tersebut. Dan juga perusahaan tetap harus menggunakan bahasa internasional agar masyarakat yang berada diluar indonesia dapat memahaminya. Hal ini juga menambah jangkauan pertemanan yang dengan perusahaan asing

Sejatinya, untuk bisa memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan dinegara lain, sebuah perusahaan harus mampu menguasai bahasa internasional, baik itu dilakukan melalui media sosial ataupun via email agar terciptanya hubungan yang harmonis serta terjalinnya kerjasama yang baik.