Mohon tunggu...
Dita Nidaul Fauziah
Dita Nidaul Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Berbasis Portofolio dalam Pembelajaran

1 Juli 2022   20:54 Diperbarui: 1 Juli 2022   21:46 2225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saat ini terdapat berbagai macam model pembelajaran, salah satunya ialah model pembelajaran berbasis portofolio. Portofolio dapat diartikan sebagai kumpulan informasi tentang aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh para peserta didik saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Portofolio merupakan suatu kumpulan hasil karya maupun pencapaian diri. Model ini merupakan suatu pembaharuan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi.

Pada dasarnya portofolio merupakan model pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik agar para peserta didik mempunyai kemampuan dalam menyampaikan atau mengungkapkan pendapat diri sendiri maupun kelompok. Melalui pembelajaran berbasis portofolio pendidik dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih terlibat saat proses pebelajaran berlangsung, dengan begitu peserta didik dapat mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman yang didapatnya.

Selain itu model pembelajaran berbasis portofolio ini memiliki kelemahan atau kekurangan, salah satunya adalah memerlukan waktu yang cukup lama. Selain memiliki kekurangan, model pembelajaran berbasis portofolio juga memiliki kelebihan diantaranya ialah dapat mengembangkan maupun menambah pengetahuan peserta didik.

Pembelajaran ini memiliki langkah-langkah yaitu pertama, pendidik dapat mengenalkan topik yang akan di diskusikan dan dibahas. kedua, peserta didik dapat memilih suatu permasalah yang akan dikaji. ketiga, mencari dan mengumpulkan sebuah informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut. keempat, peserta didik membuat portofolio dengan berdiskusi bersama kelompoknya dari informasi yang didapatnya. kelima, mempresentasikan karya atau hasil yang telah dituangkan ke dalam portofolio. keenam yaitu kesimpulan, dengan adanya kesimpulan ini pendidik dapat mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai permasalahan atau materi yang dibahas.

Penerapan model ini dapat dilakukan baik itu secara kelompok maupun secara individu. Model ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran. Dengan penerapan model pembelajaran portofolio ini pendidik dapat melihat keaktifan peserta didik dengan cara melihat hasil karya atau kerja para peserta didik. Semakin aktif para peserta didik, maka semakin baik pula isi dari portofolio yang dihasilkan. Untuk meningkatkan keaktifan peserta didik hendaknya pendidik membimbing peserta didik saat pembelajaran berlangsung.

Efektif atau tidaknya penerapan model pembelajaran ini seharusnya disesuaikan dengan materi yang hendak diajarkan dan ketersediaan waktu yang cukup. Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dapat menjadi salah satu pilihan pendidik agar siswa tidak bosan saat pembelajaran berlangsung dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. 

Dengan demikian, penerapan model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat lebih berani dan yakin dalam mengungkapkan pemahaman, gagasan dan pendapat diri sendiri maupun secara berkelompok. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun