Mohon tunggu...
Dispen Kormar
Dispen Kormar Mohon Tunggu... “Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan.”

Impossible Is Nothing

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Komandan Korps Marinir Berhalal Bihalal dengan Ribuan Prajurit

10 Juni 2019   12:27 Diperbarui: 10 Juni 2019   12:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Komandan Korps Marinir Berhalal Bihalal dengan Ribuan Prajurit
dokpen

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) melaksanakan halal bihalal dengan prajuritnya di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Syawal setelah para prajurit Marinir yang beragama Islam selesai puasa Ramadhan sebulan penuh dan ditutup dengan hari raya Idul Fitri 1440 H ini dilaksanakan dalam suasana penuh keakraban, kekeluargaan dan persaudaraan.  Orang nomor satu di jajaran Korps Marinir dengan didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Ny. Eta Suhartono beserta pejabat utama Korps Marinir itu menyalami satu persatu prajurit dan PNS Korps Marinir yang berbaris rapih memenuhi lapangan apel Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

dokpen
dokpen

Dalam arahannya sebelum berhalal bihalal dengan prajurit, Dankormar mengatakan, bulan puasa merupakan bulan penyucian hati, penyucian jiwa manusia dari segala hawa nafsu duniawi, atau bulan " tazkiyatun nufus". Bulan puasa juga merupakan bulan penggemblengan manusia untuk menjadi insan-insan yang bertakwa yaitu manusia yang taat dan patuh untuk dapat menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Output dari bertakwa, demikian kata Dankormar, adalah terciptanya kesalehan pribadi, yaitu ketaatan dalam menjalankan ibadah, kesungguhan dalam menunaikan ajaran agama, yang akhirnya akan tercermin pada sikap dan perilaku insan tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang terimplementasikan dalam akhlakul karimah atau budi pekerti yang luhur.

dokpen
dokpen

"Melengkapi kesempurnaan dari penyucian hati ini, maka perlu penghapusan dosa-dosa atas kesalahan-kesalahan kita terhadap sesama manusia sebagai insan hamba Tuhan dengan cara saling meminta dan memberi maaf. Memohon dan memberi maaf merupakan perwujudan dari akhlakul karimah dari seorang hamba setiap selesai Puasa Ramadhan. Dan halal bihalal merupakan tradisi turun temurun yang ada di Indonesia yang bermakna untuk menyambungkan hubungan yang putus, mewujudkan keharmonisan dan menciptakan persatuan," kata Dankormar.

dokpen
dokpen

Mengakhiri arahannya, Dankormar menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin selaku pribadi dan keluarga serta sebagai Komandan Korps Marinir beserta staf kepada seluruh prajurit di jajarannya apabila ada kekeliruan, kekhilafan baik pribadi dan keluarga maupun selaku Dankormar.

"Kami juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1440 H bagi prajurit yang beragama Islam, semoga kita dapat bertemu kembali dengan idul fitri di tahun-tahun yang akan datang," tegas Dankormar.

dokpen
dokpen

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M. Tr (Han), Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M.,  para Asisten Dankormar dan Kepala Dinas Korps Marinir, Komandan Kolak Kormar wilayah Jakarta, para Asisten dan Komandan Satlak jajaran Pasmar-1 Jakarta, Ketua dan Pengurus Gabungan serta Ketua Korcab Gabungan Jalasenastri Korps Marinir.