Mohon tunggu...
Dirga N
Dirga N Mohon Tunggu... Traveller, Bali, Indonesia

Hobby jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Semeton Pasek Padang Subadra Merita "Ngayah" di Pura Bisbis Lempuyang (Part 2)

1 Agustus 2020   18:05 Diperbarui: 1 Agustus 2020   18:02 21 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semeton Pasek Padang Subadra Merita "Ngayah" di Pura Bisbis Lempuyang (Part 2)
Pura Bisbis Lempuyang

Mengawali bulan Agustus 2020, Semeton Pasek Padang Subadra Merita kembali "ngaturang ngayah " ke Pura Bisbis Lempuyang. Seperti biasa pagi-pagi sekira jam 7 pagi waktu setempat berkumpul di perempatan Desa Labasari. Kemudian langsung meluncur menuju Pura Lempuyang Madya melewati Rute ( Labasari-Culik-Tista-Ngis-Tuminggal-Lempuyang Madya ). 

Saat ini menurut perhitungan kalender Bali menginjak " sasih karo" jadi cuaca sangat dingin, Semeton Pasek Padang Subadra Merita melaju dengan sepeda masing-masing tanpa boncengan kecuali yang dokumentasi pengambilan video. Sampai pada jalan tikus yang merupakan akses terpendek menuju Pura Lempuyang Madya suasana berkabut dan gerimis, jadi jalanan tambah licin dan semeton lebih ekstra hati-hati. 

Tampak semeton pasek dari desa lain sepeda motornya tergelincir dan terpeleset menyusuri jalan sempit yang menurun. Semeton yang ambil dokumentasi video dan semeton dari desa lain yang berboncengan turun jalan kaki saat jalanan sempit menanjak tajam " jogging" atau " tracking" istilahnya, jadi olahraga dapat dan ngayah juga dapat. 

Sampai di Pura Lempuyang Madya, semeton yang baru datang hanya beberapa, kemudian langsung naik jalan berundak disamping Pura Lempuyang Madya menuju Pura Bisbis Lempuyang. Karena peserta yang ngayah masih sedikit, sempat juga mengambil beberapa foto sebelum membuat barisan untuk memindahkan batu padas dari Pura Lempuyang Madya menuju Pura Bisbis secara estafet. 

Setelah semeton semakin banyak mulai bekerja memindahkan batu dan menimbun di tengah jalan antara Pura Lempuyang Madya dan Pura Bisbis Lempuyang, berhubung barisan peserta hanya sampai pertengahan jalan. Nantinya batu yang ditimbun tadi dipindahkan lagi sampai ke pura Bisbis dengan menggeser semeton membuat basisan dari pertengahan jalan tadi sampai Pura Bisbis. 

Setelah batu habis dipindahkan, Semeton Pasek Padang Subadra berkumpul di penataran Pura Bisbis untuk foto bersama seperti tampak pada foto. Setelah foto bersama turun menuju Pura Lempuyang Madya dan melakukan persembahyangan, Setelah persembahyangan selesai, ada sambutan dari Ketua MGPSSR Kecamatan Abang. Kemudian semeton dipersilakan pulang.

Semeton Pasek Padang Subadra Merita
Semeton Pasek Padang Subadra Merita

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x