Mohon tunggu...
Dinda Annisa
Dinda Annisa Mohon Tunggu... Freelancer - Penterjemah Lepas

Based in Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Bisakah China, Negara Komunis, Menjadi Negara Adidaya?

28 September 2021   12:03 Diperbarui: 28 September 2021   14:31 266 5 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisakah China, Negara Komunis, Menjadi Negara Adidaya?
Presiden China Xi Jinping | Sumber: ANI/WION

Apakah China adalah sebuah kekuatan global atau kekuatan regional? Tentu saja, para diplomat China yang juga dikenal sebagai "pejuang serigala" dan penggemarnya di Indonesia selalu mengatakan China sudah menjadi kekuatan global.

Beberapa penggemar berat China bahkan mengatakan bahwa negara Asia Timur ini sedang berada di jalurnya untuk menjadi negara adidaya baru dengan menggantikan AS dari struktur kekuatan global.

Tunggu sebentar. Mari kita dengarkan pidato Presiden China Xi Jinping, yang ia sampaikan di Majelis Umum PBB pada tanggal 21 September lalu.

"China adalah negara berkembang terbesar di dunia, negara yang berkomitmen untuk pembangunan yang damai, terbuka, kooperatif dan bersama," kata Xi.

Bagaimana negara berkembang bisa menjadi negara adidaya?

Orang mungkin berpikir bahwa China sudah memiliki kekuatan global yang melihat propaganda China yang agresif dan beberapa fakta yang nyata. Satu hal sangat jelas bahwa China telah bangkit selama lebih dari tiga dekade dan memperoleh kekuatan ekonomi dan militer yang signifikan. Namun China masih jauh dari menjadi negara adidaya seperti AS, yang telah berada di posisi tersebut selama 80 tahun terakhir.

China adalah negara terpadat di dunia dengan 1.44 miliar orang atau empat kali lebih besar dari AS yang berpopulasi 333.38 juta orang. Tetapi India, yang memiliki 1.39 miliar orang sekarang, akan melampaui China untuk menjadi negara terpadat baru di dunia pada tahun 2025.

Kebangkitan ekonomi China benar-benar luar biasa. Produk domestik bruto (PDB) saat ini adalah sebesar AS$16.64 triliun, lompatan besar dari $1.19 triliun pada tahun 2000. Ekonomi China adalah yang terbesar kedua di dunia setelah PDB AS yang saat ini sebesar $22.67 triliun.

Banyak orang hanya melihat GDP China tetapi jika kita melihat GDP per kapitanya maka akan muncul gambaran sebenarnya dari status China.

Menurut prediksi Bank Dunia, PDB per kapita AS saat ini adalah $68,309, lima kali lebih besar dari China yang hanya senilai $11,819. Itulah sebabnya Presiden Xi menyebut China sebagai negara berkembang bukan kekuatan global atau adidaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan