Mohon tunggu...
KKN UM PURWOREJO
KKN UM PURWOREJO Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Merupakan artikel mengenai kegiatan mahasiswa KKN UM 2019 di desa Purworejo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UM Gelar Muslim Festival di Desa Purworejo

27 Juni 2019   15:00 Diperbarui: 27 Juni 2019   15:12 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti oleh umat muslim. Setiap daerah mempunyai cara yang berbeda untuk menyemarakkan bulan yang penuh berkah. Salah satu daerah di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Purworejo turut serta memeriahkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan "Muslim Festival". 

Pada bulan Ramadhan tahun ini, Desa Purworejo mendapat kunjungan dari mahasiswa KKN UM yang melakukan pengabdian untuk membantu kesejahteraan masyarakat melalui program yang sudah dibuat. Kegiatan lomba Muslim Festival dilaksanakan pada 28 Mei 2019 yang dipimpin oleh Khusnul Khuluq selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. Dalam melaksanakan kegiatan ini mahasiswa KKN UM bekerja sama dengan beberapa sekolah baik SD maupun TK yang ada di desa Purworejo. Kegiatan muslim festival bertempat di TPQ Madrasah Diniyah Darus Salamah.

Kegiatan keagamaan ini terdiri dari lomba adzan dan tartil untuk tingkat SD, sedangkan untuk lomba mewarnai kaligrafi dibagi menjadi dua yaitu untuk jenjang TK dan SD kelas 1-3. Peserta didik dari desa Purworejo turut berpatisipasi dalam lomba, yaitu TK RA AL-JIHAD, SDN PURWOREJO 1, SDN PURWOREJO 2, dan SDN PURWOREJO 3. Anak-anak di desa Purworejo sangat antusias dalam mengikuti berbagai macam perlombaan. Hal tersebut dari penampilan maupun karya siswa-siswi yang bagus dan maksimal. 

Peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 50 anak, untuk peserta lomba adzan 11 anak, tartil 10 anak, dan untuk mewarnai kaligrafi 29 anak. Peserta yang memenangkan lomba ini akan mendapatkan hadiah. Pengumuman dan penyerahan hadiah diadakan hari itu juga setelah sholat asar. 

"Tujuan lomba ini untuk meningkatkan kreatifitas anak dan membuat mereka semakin cinta dengan agama islam dan semoga kegiatan festival muslim bisa memberikan manfaat untuk anak-anak di desa Purworejo dengan menciptakan generasi yang cerdas, kreatif dan agamis yang sesuai juga dengan tema dalam kegiatan ini" ujar Khusnul Khuluk selaku ketua pelaksana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x