Dinda Lindia Cahyani
Dinda Lindia Cahyani Pembelajar

Bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

13 Maret 2018   20:41 Diperbarui: 13 Maret 2018   21:06 1445 4 2
Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak
Captured dualingo.com

Bahasa Inggris merupakan bahasa nomor satu di dunia. Walau sebenarnya, tidak semua negara, penduduknya memahami bahasa Inggris secara sempurna. Misalnya di Perancis, bahasa Inggris bukanlah bahasa yang digilai untuk dipelajari secara umum. Namun, jika anda bisa memahami bahasa Inggris, tentu itu akan menjadi nilai plus. 


Nah, dunia daring memang memudahkan segalanya. Mengakses pendidikan sampai berbuat kejahatan bisa dilakukan di sana. Alangkah bijaknya jika para pengguna internet bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Misalnya mempelajari bahasa melalui media daring. Banyak para pelajar yang ingin mempelajari bahasa Inggris namun terbatas pada biaya kursus. Selain itu, terkadang kursus yang biayanya murah tidak bisa memberikan pelajaran yang maksimal dalam meningkatkan pemahaman dalam berbahasa. 

Saya di sini ingin memberikan tips dalam menguasai bahasa Inggris secara otodidak dengan modal kuota atau wifi. Check it out! 

Dalam bahasa Inggris ada 4 kemampuan, yaitu writing, reading, listening,dan speaking

1. Belajar melalui Aplikasi

Kini sudah banyak aplikasi yang ditujukan untuk mempelajari bahasa internasional. Misalnya Duolingo dan Hello English adalah dua aplikasi yang bisa didownload dan digunakan secara offlineatau luring. Kedua aplikasi ini menurut saya sangat bagus bagi para pemula karena memberikan pelajaran dari tingkat dasar. Namun untuk pengguna yang sudah di tingkat intermediatebisa pula memilih pelajaran lanjutan. Sekedar saran, saat mengikuti pelajaran, pengguna atau pelajar sebaiknya memiliki buku catatan untuk menulis pelajaran. Karena dengan menulis bisa membantu dalam mengingat materi yang dipelajari. 

2. Belajar melalui youtube 

Orang yang benar-benar serius ingin belajar tentu tidak akan berhenti karena beberapa kendala. Ingin dapat guru bahasa Inggris orang bule? tinggal langsung ikuti channelpara tutorasli dari luar. Para pelajar bisa menonton video dari para guru native speakersecara gratis. Walau mungkin awalnya tidak mengerti, namun biasanya mereka berbicara dengan lambat sehingga akan mudah dipahami jika sudah tahu banyak kosa kata bahasa Inggris. 

Selain itu, menonton video dari orang bule asli akan membantu keempat kemampuan bahasa Inggris kita. Jangan lupa bawa catatan untuk mencatat pelajaran yang diberikan. Video bisa didownload dan diputar berulang agar memahami secara sempurna. Beberapa guru bahasa Inggris yang terkenal itu di antaranya bisa ikuti channel : Ronnie, James, Emma, dan Hadar.  

3. Daftarkan di Englishclub.com 

Situs ini disediakan untuk para pelajar dan juga guru yang ingin mencari materi dalam bahasa Inggris. Untuk para pelajar yang baru melangkah dalam menguasai bahasa Inggris, situs ini adalah terbaik. Di sini anda bisa mendaftarkan diri lantas bergabung dengan anggota lain. 

Anda bisa langsung mengobrol lewat chat groupatau langsung bertatap muka dengan sesama anggota di sana dari belahan negara lain. Sehingga apa yang anda pelajari dari aplikasi dan dari youtube bisa anda langsung praktekan di situs tersebut. Anda juga bisa melatih bahasa Inggris yang sudah dikuasai dengan menulis di blog yang disediakan situs tersebut. Sehingga para senior di sana bisa berkunjung ke tulisan anda dan mengkritisi grammar dan isi tulisan tersebut. 

4. Gunakan Google Dictionary 

Saya sendiri masih sering salah dalam pengucapan bahasa Inggris. Oleh karenanya saya rajin mengetik sebuah kata pada Google Dictionary untuk mengetahui makna atau definisi dalam bahasa Inggris bukan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Ini juga dapat membantu bagaimana cara pengucapan kita, apakah sudah benar atau belum, karena Google Dictionary juga menyediakan cara pengucapan dengan mengklik ikon suara di pinggir kata yang kita cari. 

5. Belajar melalui film

Ini juga sebenarnya inisiatif yang bagus. Menonton film berbahasa Inggris setidaknya membantu bagaimana kita menyerap kosa kata percakapan sehari-hari. Karena di dalam film tentu bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa percakapan. Bukan pidato yang resmi dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan kita untuk mengetahui kalimat sempurna tanpa harus pusing-pusing memikirkan grammar. Cukup mengimitasi alias menduplikat apa yang mereka ucapkan dan praktekan oleh kita. Jangan lupa menonton dengan menyertakan subtitle bahasa Inggris, agar tahu kosa kata dan cara pengucapannya. 

6. Rajinlah Membaca dan Praktek 

Belajar bahasa tanpa praktek adalah nihil. Yang ada anda akan lupa teori jika tidak pernah mempraktekan apa yang anda pelajari. Caranya yaitu jangan malu untuk berbicara di depan cermin, atau bisa langsung praktek dengan teman yang sama-sama belajar bahasa Inggris. Selain itu anda juga bisa merekam apa yang anda ucapkan, lalu putar dan dengarkan apakah bahasa Inggris anda sudah terdengar seperti  native speakeratau belum. 

Nmun jangan fokus pada aksen. Karena biasanya kita disibukkan pada aksen. Aksen akan membaik seiring dengan jam terbang kita dalam latihan berbicara. Selain itu sering-seringlah anda membaca berita di portal media internasional, agar kosa kata kita pun bertambah dengan menemukan kosa kata baru pada artikel-artikel yang kita baca. 

Selamat mencoba !