Hiburan

Prospek Cerah, Dorong Anak Muda Ciptakan Games Berskala Internasional

14 November 2017   20:36 Diperbarui: 14 November 2017   20:43 230 0 0
Prospek Cerah, Dorong Anak Muda Ciptakan Games Berskala Internasional
dokumentasi pribadi

Geliat Industri Games di Indonesia tampaknya akan semakin berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Hal tersebut ditandai dengan semakin maraknya developer games lokal yang terus mengeluarkan karya original dalam beberapa tahun terakhir. Tak hanya itu, banyak bermunculan pembicara/youtuber di bidang games yang mengundang perhatian masyarakat. Kedua hal tersebut menunjukan bahwa atensi masyarakat khususnya anak muda terhadap industri games sangat besar.

Dengan perkembangan teknologi dan perangkat lunak yang mumpuni, tentunya berbekal pengalaman dan kreatifitas menciptakan story sebuah games, developer games di Indonesia mempunyai prospek cerah untuk mampu bersaing di pasar internasional. Sebelumnya telah banyak games dari Indonesia yang telah di featured di Google Play. Hal ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak sekedar menjadi pelengkap di jagat industri games Internasional.

Dari data yang dihimpun dari berbagai sumber, gamers di Indonesia juga tidak keberatan membelanjakan uangnya untuk bermain games. Dari 42,8 juta gamers di Indonesia, sekitar 56% atau 24,1 juta gamers berkenan membelanjakan uanganya untuk bermain game, meskipun nilainya belum terlalu besar. Hal ini tentu menjadi stimulan bagi developer games lokal untuk terus berkarya menciptakan games yang berkualitas di pasaran lokal maupun internasional.

Mengkutip dari detik.com, Ketua Umum Indonesla e-Sport Association (IeSPA) yang menaungi segala bentuk aktivitas games di Indonesia, Eddy Lim menilai industri games di Indonesia sangat potensial. IeSPA telah melakukan dialog dengan kalangan pemerintah daerah mengenai masuknya industri gaming menjadi bagian dari e-sport.

Dukungan data dan kondisi pasar di atas, tentunya sangat menggembirakan sejumlah kalangan yang memang memiliki passion di bidang games. Hal tersebut mendorong anak muda untuk tidak sekedar menikmati produk, tetapi juga turut memberikan sumbangsih karyanya.

Salah satunya Guk Labs Games Studio. Berbekal pengalaman dan kapasitas dalam mengaplikasikan perangkat lunak, sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Guk Labs Games Studio sedang mempersiapkan PC Games bergenre Action Adventure berjudul WISGR. Dari perbincangan para blogger games, WISGR dipercaya mampu memberikan pengalaman baru bagi para gamers Indonesia, khususnya yang memang memiliki ketertarikan pada genre Action Adventure.

Berbicara perihal review blogger games yg telah beredar, games ini dilihat sebagai sebuah permainan dapat mengajak para pemainnya untuk melihat dunia baru melalui story dan visual yang sedang dirancang. Tidak ketinggalan, karakter yang diciptakan bukan merupakan replikasi dari karakter yang ada pada games lain, sehingga games ini telah banyak dinantikan tanggal rilisnya.

Sampai saat ini belum diketahui pasti kapan WISGR akan dirilis oleh pihak Guk Labs secara resmi. Namun, beredar bocoran bahwa pada awal tahun 2018 WISGR sudah akan siap dimainkan para gamers di Indonesia dan internasional.