Mohon tunggu...
Dinda Harnisa
Dinda Harnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Dinda harnisa mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kebijakan dan Penanganan Harus Lebih Cepat dari Covid-19

26 Maret 2020   21:18 Diperbarui: 26 Maret 2020   21:25 102 1 0 Mohon Tunggu...

Semenjak dunia digemparkan oleh munculnya wabah penyakit covid 19 yang berasal dari kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok pada akhir Desember 2019 lalu, hingga kini telah menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Indonesia.

Menanggapi pidato pak Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat pada 15 Maret lalu beliau menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat dan juga para menteri agar berpartisipasi dalam mencegah penyebaran covid 19 ini, beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah serius dalam menangani wabah penyakit yg saat ini tengah menyerang Indonesia.

Pemerintah menghimbau agar masyarakat tidak keluar rumah kecuali ada hal yang mendesak dan penting, namun himbauan ini tidak dapat dipenuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia, masyarakat yg berpenghasilan diatas rata-rata mudah saja bagi mereka untuk tetap berada dirumah dengan menyetok asupan makanan untuk beberapa pekan kedepan.

Namun bagaimana dengan masyarakat yang berpenghasilan dibawah rata-rata? Mereka tidak dapat menyetok makanan dirumah, sehingga harus keluar untuk bekerja guna memenuhi kebutuhan hidup bukan tidak mau mentaati himbauan pemerintah.

Hal ini lah yang menjadi tanggungjawab pemerintah, jika masyarakat diminta untuk tetap berada dirumah, seharusnya pemerintah dapat menanggung kebutuhan hidup mereka yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata dengan memberi bantuan berupa sembako dan makanan lainnya, sehingga mereka tidak perlu keluar rumah untuk bekerja karena kebutuhan hidup telah terpenuhi.

Penyebaran covid 19 di Indonesia yang sangat cepat ini dapat juga diminimalisir dengan menempatkan tenaga medis di bandara-bandara, agar setiap ada yang masuk dapat langsung diperiksa, sehingga dapat mencegah penularan jika orang tersebut mengidap covid 19.

Indonesia kini tengah bertarung dengan covid 19 yang pergerakannya sangat cepat dan tak terlihat, sehingga dibutuhkan kebijakan dan penanganan yang cepat bahkan kalau bisa harus lebih cepat dari pergerakan covid 19.

Saat ini yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan negeri ini dari covid 19 adalah dengan terus berdoa kepada Allah agar wabah penyakit ini dapat hilang, selain berdoa kita juga harus berikhtiar dengan cara selalu menjaga kebersihan dan mematuhi himbauan pemerintah dan juga para pekerja medis.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x