Mohon tunggu...
dinda
dinda Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - siswa

Nama saya Dinda Utari, saat ini saya duduk di bangku kelas 12. Saya suka menulis, menggambar dan bernyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Apa Untung dan Rugi Hidup di Desa?

15 November 2023   12:39 Diperbarui: 15 November 2023   12:45 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: i.pinimg.com

Halo teman-teman! Dalam artikel ini saya akan membahas untung dan ruginya hidup di desa.

Dalam kehidupan, tentunya kita memiliki berbagai permasalahan. Karena selama kita hidup, kita akan terus dipertemukan dengan yang namanya masalah. Begitu pula dengan permasalahan yang akan kita hadapi ketika kita tinggal di suatu tempat. Kita pasti akan merasakan susah dan senang dimana pun tempatnya.

Salah satu permasalahan yang akan saya tuliskan, yaitu mengenai apa untung dan ruginya bila kita tinggal di desa. Suatu tempat pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

Sekalipun banyak orang berbicara bahwa suatu wilayah ini lebih baik daripada yang lain, lebih unik, bahkan lebih segalanya dari daerah lainnya. Sebaik apapun penilaian orang terhadap suatu wilayah dibandingkan dengan wilayah lain, pastinya memiliki sisi buruknya masing-masing. Tak lain halnya seperti sifat manusia, ada buruk dan baiknya.

Keuntungan tinggal di desa

Keuntungan apabila kita tinggal di suatu desa kita mungkin masih dapat merasakan bagaimana eratnya hubungan dengan warga lainnya. Selain itu, kita juga akan merasakan dimana hidup berdampingan dengan tradisi yang masih kental serta masyarakatnya yang masih berpegang teguh pada tradisi. 

Keuntungan lain yang kita dapat ketika hidup di desa yaitu kita hidup dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup ketika kita tinggal di kota. Karena harga pangan di desa masih terpatok murah ketimbang di kota. Sebab, produk yang biasanya digunakan merupakan hasil orang sendiri yang juga diekspor ke kota.

Mengenai kegiatan di bidang pertanian, kita akan lebih mudah melakukan cocok tanam di wilayah desa. Karena tanah yang subur memudahkan kita untuk bercocok tanam. 

Selain untuk bisnis atau jual beli, bercocok tanam juga dapat bermanfaat untuk diri sendiri. Salah satunya, untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Kenapa? karena jika ingin makan sayur atau buah-buahan kita bisa memetik di lahan sendiri.

Udara yang asri juga menjadi salah satu keuntungan ketika kita tinggal di suatu desa. Karena jika dibandingkan dengan udara di kota, udara di kota umumnya terkesan sudah tercemar. Mengingat kini banyak sekali lahan yang dibuat untuk kepentingan industri seperti pabrik, mall, hotel, toko-toko besar, dan instansi lainnya. Sehingga hijaunya sawah perlahan hilang seiring berjalannya waktu. Sedangkan di desa, udaranya masih terkesan asri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun