Mohon tunggu...
Dinda Salsabilla Syifa
Dinda Salsabilla Syifa Mohon Tunggu... Akuntan - Dinbell

Menulislah maka apa pun yang ada difikiran sedikit demi sedikit dapat terungkapkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Struktur Organisasi dalam Sebuah Perusahaan

27 Juni 2021   15:07 Diperbarui: 27 Juni 2021   22:39 166 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Struktur Organisasi dalam Sebuah Perusahaan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernah gak sih membayangkan apabila suatu organisasi maupun perusahaan tidak memiliki struktur ?

Jika pernah, apa yang akan terjadi ? Bukankah suatu organisasi tersebut akan berjalan secara berantakan ?
Jika iya, lalu seberapa penting sih peran struktur dalam sebuah organisasi maupun perusahaan ?

Sebelum membahas secara detail, mari kita pahami dulu pengertiannya. Secara umum struktur organisasi diartikan sebagai komponen yang mengatur jajaran suatu organisasi. Jika digambarkan maka akan berbentuk diagram yang mana paling tinggi ialah seorang pemimpin organisasi atau perusahaan. Hal ini dalam sebuah perusahaan sangatlah penting.ย 

Karena tujuan dibuatnya struktur organisasi bagi perusahaan yaitu untuk menjalankan perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsi jabatan serta untuk memisahkan tanggung jawab dan wewenang para anggota perusahaan. Alasan suatu perusahaan harus memiliki struktur organisasi, yaitu karena untuk memperjelas kedudukan serta koordinasi, memperjelas dalam jalur hubungan, memperjelas tanggung jawab, dan sebagai pengendalian serta pengawasan.

Struktur organisasi dalam suatu perusahan mempunyai pola kerja dan tanggung jawab masing-masing kepada perusahaan. Keuntungan yang akan diperoleh perusahaan jika menggunakan struktur organisasi dalam perusahaannya antara lain membantu perusahaan dalam mencapai target, memperjelas deskripsi pekerjaan setiap karyawan perusahaan, memperjelas koordinasi antar unit, mengurangi konflik internal dalam perusahaan, dan terdapat jenjang karir yang jelas sehingga mampu meningkatkan motivasi para karyawan perusahaan.

Didalam struktur organisasi suatu perusahaan terdapat pemegang saham, direksi, manajer, kepala departement, dan karyawan serta staf. Biasanya, pemegang saham akan bertugas memberikan tanggung jawab kepada direksi untuk mengembangkan dan menjalankan perusahaan sesuai tujuan perusahaan. Kemudian biasanya, direksi akan bertugas memimpin serta mengarahkan pergerakan perusahaan. Setelah itu bagian manajer akan bertugas untuk memimpin semua karyawan dalam pekerjaannya di dalam perusahaan. Biasanya, bagian kepala departement akan bertugas untuk memimpin semua karyawan yang berada dalam departementnya. Dan yang terakhir, biasanya, karyawan beserta staf perusahaan akan bertugas untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai pekerjaannya masing masing.

Sebuah perusahaan baik yang besar maupun yang kecil harus mempunyai struktur organisasi yang baik, tepat dan jelas. Karena struktur organisasi dalam sebuah perusahaan merupakan dasar untuk berjalannya suatu perusahaan. Maka dari itu, disarankan untuk semua pembaca yang ingin atau sudah mempunyai perusahaan atau usaha, sebaiknya membuat struktur organisasi terlebih dahulu. Supaya perusahaan atau usaha anda dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN