Mohon tunggu...
dinayln
dinayln Mohon Tunggu... Digital Marketing

Designer | Content Writer | Event Maker

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

10 Prediksi Tren Peluang Usaha Digital 2020 yang Bisa Anda Lirik

29 November 2019   09:22 Diperbarui: 29 November 2019   09:28 4133 1 1 Mohon Tunggu...

Sudahkah Anda bisa memperkirakan tren bisnis seperti apa yang kiranya akan eksis di tahun 2020? Pertanyaan semacam ini nampaknya merupakan sebuah pertanyaan yang mulai dibicarakan oleh para pelaku bisnis online di Indonesia.

Setiap tahunnya memang selalu saja ada trend bisnis online di negara kita. Seperti halnya pada saat awal-awal bisnis online booming, banyak sekali pelaku bisnis yang lebih memilih market di luar karena hal ini dianggap lebih menguntungkan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, tidak jarang juga para pebisnis online yang melirik pasar local baik reseller, dropship, content publishing maupun jual produk sendiri. Hal ini menjadikan usaha digital semakin memiliki nama.

Lalu apa saja kira-kira tren usaha online di tahun berikutnya? Dengan melihat pergerakan arah bisnis internet di Indonesia pada saat ini, terdapat beberapa tren peluang usaha digital 2020 yang bisa Anda pertimbangkan seperti dibawah ini.

Tren Bisnis Internet 2020

Sepertinya tren bisnis internet 2020 sudah bisa diperkirakan dari tahun ini. Kebiasaan dari para pengguna internet Indonesia serta layanan online yang semakin dibutuhkan masyarakat akan memunculkan tren baru di tahun-tahun mendatang.

Berikut beberapa contoh prediksi bisnis internet yang sekiranya akan booming di tahun 2020:

  1. Bisnis Kursus Online
    Bagi sebagian besar orang saat ini sangat memperdulikan tentang ketelatenan sebuah skill. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa skill yang dimiliki juga bisa menjadi penunjang karir di masa yang akan datang. Bukan hanya Pendidikan formal saja, namun Pendidikan non formal seperti kursus juga sekarang menjadi hal yang tak kalah penting.
    Namun uniknya, sebagai pengaruh dari perkembangan teknologi banyak masyarakat lebih memilih kursus yang dilakukan secara online. Dan kabar baiknya bidang ilmu yang dipelajari di dalam kelas kursus online juga sangat beragam. Mulai dari pemahaman ilmu internet marketing, tips dan trik desain grafis, mengupas tuntas PhotoShop, Microsoft Office dan lain sebagainya.

  2. Jasa Desain Grafis
    Tren peluang usaha digital 2020 berikutnya ialah bisnis jasa desain grafis. Bisnis desain grafis itu sendiri merupakan sebuah peluang usaha online yang akan semakin booming dari tahun ke tahun.
    Peluang seperti ini muncul akibat dari banyaknya pengguna media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain-lain yang setiap harinya memposting berbagai konten visual guna keperluan pemasaran online.
    Sudah bukan rahasia umum lagi jika sekarang permintaan untuk membuat konten visual yang menarik baik dalam bentuk foto maupun video semakin membludak. Permintaan seperti ini kebanyakan dari para pelaku bisnis online serta perusahaan-perusahaan yang membutuhkan desain grafis dengan biaya yang tidak menguras kantong.Sebagai prediksi tambahan, sepertinya pada tahun 2020 nanti akan semakin banyak freelance yang bergabung dengan marketplace.

  3. Jasa Penulisan Artikel dan Copywriter
    Bisnis jasa penulisan artikel serta copy writer sepertinya akan menempati tren peluang usaha digital 2020 yang ketiga. Bagaimana tidak, permintaan akan bisnis ini selalu mengalami peningkatan setiap harinya.|
    Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena pertumbuhan website portal serta berbagai blog professional mengakibatkan potensi bisnis jasa penulisan artikel ini akan sangat menarik untuk digeluti dan begitu menjanjikan di tahun 2020 nanti.
    Memang jika dilihat dari luar, menulis artikel terkesan sebagai pekerjaan yang mudah. Itulah sebabnya mengapa bisnis ini cukup disepelekan oleh beberapa orang. Tapi faktanya, agar website tetap eksis, mereka membutuhkan jasa penulisan artikel yang berkualitas.
    Belum lagi jika Anda merupakan salah satu writer yang memiliki pengetahuan dasar mengenai SEO serta paham bagaimana menggunakan bahasa yang persuasif, maka Anda akan masuk dalam daftar writer yang paling dicari.
    Karena kebanyakan para pemilik website dan blog akan menyaring perekrutan writer baru yang benar-benar memiliki basic SEO. Hal ini juga bisa menjadi nilai tambah bagi pemilik website karena basic SEO  akan lebih dicari.

  4. Internet Marketing
    Model bisnis jasa pemasaran online sebenarnya sudah sangat menjamur. Namun diprediksi bisnis ini akan menjadi salah satu tren bisnis online yang tidak pernah ada matinya. Beberapa jenis pemasaran berbasis internet yang bisa dilakukan ialah Google Adwords, Face Ads, dan Blogging
    Perlu diingat sebelum Anda menawarkan diri untuk menjadi karyawan di bagian internet marketing, Anda harus mengumpulkan portofolio sebagai bahan pertimbangan tambahan.

  5. Youtuber
    Tahun 2019 ini tampaknya menjadi tahun hoki nya para Youtuber. Meskipun menjadi seorang youtuber sering dianggap remeh dan bukan merupakan profesi yang menjanjikan. Jadi, sebagai tren peluang usaha digital 2020 menjadi seorang Youtuber akan semakin banyak lagi pelakunya.
  6. Influencer
    Sebenarnya, profesi sebagai influencer ataupun buzzer media sosial bukan merupakan hal yang baru lagi. Anda bisa dengan mudah menemukan para buzzer di media sosial seperti contoh para artis yang mempromosikan sebuah produk melalui Instagram Anda.

  7. Startup Digital Media

    Anda pasti tidak jarang menjumpai website portal baru yang ada di internet. Tugas dari startup digital media ialah untuk membahas topik khusus namun tetap sesuai dengan minat dan keahlian para pengembannya.
    Konten yang dihadirkan tidak melulu harus berisi tentang konten berat dan tidak diperlukan pula kegiatan riset yang mendalam. Sering kali tren peluang usaha digital 2020 mencakup tentang berita serta informasi yang dikemas berbeda dengan hasil menarik dan kreatif.

  8. Online Shop
    Karena setiap tahunnya pengguna internet selalu mengalami peningkatan, maka hal ini menjadi santapan gurih bagi para pelaku bisnis online. Bukan hanya para pemain besar saja yang bisa menikmati pasar online ini. Para pemain kecil juga tak kalah mendapatkan porsi keuntungan yang cukup menjanjikan.
    Bahkan beberapa pemain kecil yang selama ini hanya numpang dan mengandalkan keberadaan marketplace, di tahun 2020 kemungkinan akan membuka toko online mereka sendiri. Belum lagi persaingan yang lebih ketat karena muncul para pemain baru

  9. Jasa Pembuatan Website
    Tren peluang usaha digital 2020 berikutnya jatuh kepada bisnis jasa pembuatan website/blog. Bagi sederet orang pembuatan website bukanlah merupakan hal yang rumit. Akan tetapi masih lebih banyak orang yang bahkan awam akan keberadaan website. Mereka enggan direpotkan dengan membuat website/blog untuk kelancaran bisnis mereka.
    Dampak dari perilaku bisnis semacam inilah yang membuat potensi bisnis jasa pembuatan website meningkat dan cukup menjanjikan. Bahkan tak jarang beberapa penyedia jasa layanan ini juga menawarkan paket lengkap dengan jasa internet marketing untuk klien mereka.

  10. Pengembangan Aplikasi Mobile
    Pernah mendengar cerita tentang seorang kuli panggul yang meraup keuntungan hingga ribuan Dollar perbulan hanya dari aplikasi mobile yang dibuatnya? Kisah nyata inilah yang sukses dianggap sebagai bukti bahwa pengembangan aplikasi mobile cukup menjanjikan. Uang yang mengalir berasal dari iklan yang sering tayang di aplikasi tersebut.
    Bukan hanya itu saja, para app developer nyatanya juga bisa menjual jasa pembuatan aplikasi baik untuk OS Android maupun iOS. Ini tentunya akan menjadi tambahan penghasilan dari peluang usaha yang satu ini. Ada banyak sekali ide untuk pengembangan aplikasi, apalagi kini mulai berkembang aplikasi yang bisa membantu bisnis dan peluang usaha rumahan dengan modal yang kecil. Tentu saja untuk mejadi Developer Aplikasi Mobile membutuhkan tenaga ahli digital yang berkopeten. Namun bukan berarti menjadi developer aplikasi mobile menutup kemungkinan Anda untuk berhasil mengembangkan aplikasi yang diminati masyarakat lho. Sudah terbukti pengembangan aplikasi mobile bisnis layakannya Toko Modern Fastpay, Mitra bukalapak, tokopedia, pawoon, Profit dan banyak lainnya berhasil berkembang dari NOL!.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN