Mohon tunggu...
DINAR IFA
DINAR IFA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memiliki hobi menulis dan membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Beauty

6 Tips Merawat Wajah agar Terlihat Sehat dan Cerah Secara Alami, No. 4 Sering Terlewatkan Lho!

1 Desember 2023   09:02 Diperbarui: 1 Desember 2023   09:15 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Ilustrasi kulit sehat. Sumber: Pinterest)

Memiliki kulit yang cerah dan sehat tentu keinginan setiap orang. Untuk mewujudkannya, tidak harus menggunakan produk yang mahal. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang kadang tidak disadari manfaatnya dan menerapkan beberapa tips pola hidup sehat untuk merawat kesehatan kulit wajah kita. Berikut beberapa tips yang dapat membantumu dalam menjaga kesehatan kulit

1. Rutin membersihkan wajah

Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dengan pembersih yang lembut guna menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa riasan. Hindari mengusap wajah dengan keras dan jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelahnya. Membasuh wajah menggunakan air bersih secara rutin, bisa membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Ini juga menjadi salah satu manfaat berwudhu bagi umat muslim karena saat berwudhu biasanya menggunakan air yang mengalir dan hal tersebut dilakukan rutin setiap hari, bahkan kurang lebih 5 kali sehari sehingga bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

2. Minum air yang cukup

Selain digunakan untuk membersihkan kulit, air sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit. Mengonsumsi 8 gelas air per hari untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat serta memenuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh. Untuk wanita sebaiknya mengonsumsi sekitar 2,7 liter air setiap hari. Sedangkan pria bisa mengonsumsi sekitar 3,7 air liter per harinya. Namun jumlah ini juga tetap disesuaikan dengan kondisi tubuh, lingkungan, dan faktor lain yang berbeda pada setiap orang.

3. Jaga pola tidur

Tidur yang ideal dan berkualitas membantu tubuh memperbaiki diri dan menghasilkan hormon yang diperlukan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk remaja usia 14--17 tahun, waktu tidur yang disarankan sekitar 8--10 jam per hari. Sedangkan untuk Dewasa muda usia 18--25 tahun dan dewasa usia 26-64 tahun disarankan tidur sekitar 7--9 jam per hari. Kamu juga bisa menerapkan jam tidur, mematikan gadget dan menciptakan kondisi kamar yang nyaman untuk menerapkan pola tidur yang ideal.

4. Ganti sarung bantal secara rutin

Eiitss...yang satu ini biasanya sering dilupakan. Memenuhi asupan air dalam tubuh dan membersihkan wajah secara rutin saja tidak cukup. Terkadang kita malah lebih fokus gonta ganti produk skincare mana yang cocok untuk dipakai namun mengesampingkan faktor lain seperti menjaga kebersihan lingkungan ataupun pakaian yang kita pakai. Sarung bantal yang tidak diganti secara rutin bisa menjadi salah satu penyebab kurang sehatnya kulit wajah kita. Keringat dan minyak dapat menumpuk di sarung bantal, apalagi sarung bantal bersentuhan langsung dengan kulit wajah ketika tidur. Rutin mengganti sarung bantal dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi kulit atau masalah kesehatan lainnya. Jadi ganti sarung bantalmu setidaknya satu atau dua minggu sekali. Bahkan bisa lebih sering lagi.

5. Pakai masker alami untuk perawatan wajah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun