Mohon tunggu...
Nadiyya Dinar Ambarwati
Nadiyya Dinar Ambarwati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Hallo, sedikit memberi tahu bahwasannya akun ini akan terfokus pada hal-hal yang berbau review, baik itu buku, film, hingga masa lalu.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Resensi Buku ; Tuhan Ada di Hatimu

5 Agustus 2022   19:06 Diperbarui: 5 Agustus 2022   19:21 213 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Judul Buku             : Tuhan Ada di Hatimu

Nama Penulis       : Husein Ja'far Al-Hadar

Jumlah Halaman : 207 Halaman

Penerbit                  : Noura Books

Tahun                      : 2021

ISBN                         : 978-623-242-147-9

Buku karya Husein Ja'far Al-Haidar ini membahas tentang pelbagai problematika yang seringkali menjadi perbincangan pedas di masyarakat.  Perbincangan itu dianggap sebagai isu yang sensitif, karena yang dibahas ialah tentang salahnya persepsi terhadap ajaran-ajaran yang lahir dari agama Islam. Sebagaimana halnya, tidak sedikit masyarakat menganggap bahwa Islam itu identik dengan perang dan kekerasan, Islam itu kaku dan monoton,tidak moderat, sangat terbelakang, dan lain-lain. Dengan demikian, buku ini hadir sebagai solusi yang konkret, dan disajikan dengan bahasa yang ringan dan sederhana. Agar  para pembaca tidak salah kaprah dalam memahaminya.

Dalam buku ini, Husein meluruskan kekeliruan dan memberikan pandangannya sesuai ajaran Islam yang sebenarnya. Ajaran Islam begitu dijelaskan secara apik dan ciamik, terselip kisah-kisah Rasulullah Saw., para Sahabat, Ahlul Bait, hingga para Cendekiawan Muslim lainnya. Terlepas dari hal itu, buku ini mencakup 4 pokok pembahasan: 1). Hijrah,  2). Islam Bijak, Bukan Bajak, 3). Akhlak Islam, 4). Nada, Canda, dan Beda.

Husein mengajak para Pembaca, bahkan khususnya anak muda agar senantiasa mengenal lebih dekat dengan Allah. Karena, sejatinya Allah selalu mengawasi kita dan tentu selalu ada di hati setiap manusia yang beriman. Husein juga mengajak kita untuk merenungkan bahwa mengapa seringkali citra Islam itu jatuh, karena seringkalinya dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat negatif. Dan ternyata, faktor yang memengaruhinya ialah bukan dari luar, namun dari umat Islamnya itu sendiri yang tidak mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupannya.

Selain itu, Husein mengajak kita untuk berpikir secara kritis dan mendalam untuk bagaimana cara kita merespons hal-hal yang seringkali menjadi kericuhan. Buku Tuhan Ada di Hatimu ini, tidak melulu bahwa mengenal Tuhan hanyalah dengan zikir, namun dengan pikir. Karena, keduanya harus saling seimbang dan tidak berat sebelah. Maka, di dalamnya mengajarkan bagaimana hati dan pikiran dapat selaras dalam mengenal Tuhan dengan penuh ketulusan dan kesadaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan