Dina Mardiana
Dina Mardiana profesional

Saya seorang penulis dan penerjemah, juga pengamat gaya hidup. Blog saya yang lainnya dapat dikunjungi di www.dinamars.net, www.travelkulinerdina.net

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Laga Tanding Sepak Bola Indonesia Vs Islandia, Masih Ada Harapan?

14 Januari 2018   00:14 Diperbarui: 14 Januari 2018   13:49 1982 0 0
Laga Tanding Sepak Bola Indonesia Vs Islandia, Masih Ada Harapan?
(sumber: website Indosport)

Tidak biasa-biasanya sih saya menulis artikel tentang olahraga, apalagi dunia sepakbola. Bisa-bisa saya di-ngguyuKompasianer Bang Yos Mo, yang dikenal piawai dan dedengkot-nya penulis artikel olahraga ;p. Tapi dicoba apa salahnya, ya nggak?

Apalagi, yang saat ini sedang hangat beritanya, Timnas Sepakbola Indonesia akan bertanding melawan Timnas Sepakbola berbaju biru asal Islandia. Wow, Indonesia berani sekali mau disandingkan dengan salah satu tim terkuat Eropa. Tim nasional beranggotakan para pemain asal negeri es ini pernah masuk perempat final Piala Eropa tahun 2016 lalu, bahkan lolos babak kualifikasi PIala Dunia 2018.

Indra Sjafri, mantan pelatih timnas Indonesia memberikan semangat untuk kita semua! (foto: website Kompas)
Indra Sjafri, mantan pelatih timnas Indonesia memberikan semangat untuk kita semua! (foto: website Kompas)
Tapi, seperti kata Indra Sjafri, mantan pelatih timnas Indonesia U-19, pertandingan tersebut bukan untuk mencari kemenangan. Yah, setidaknya, menurut saya sih jangan berharap terlalu banyak setelah dikalahkan 0-6 pada laga persahabatan yang telah berlangsung hari Kamis kemarin, 11 Januari 2018 di stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Walaupun Heimir Hallgrimsson, sang pelatih tim berjuluk Strakarnir Okkar (artinya 'Our Boys', atau 'Cowok-Cowok Kita yang Keren-Keren') masih memberikan harapan (atau penghiburan?) bahwa Indonesia masih punya kesempatan untuk menang. Soalnya, formasi para pemain Indonesia yang akan tampil pada pertandingan kedua akan berbeda dengan pertandingan pertama. Ah, kamu, Heimir, bisa aja :D.

Kata Bung Indra Sjafri lagi, pertandingan antara tim nasional sepak bola Indonesia vs Islandia dimaksudkan untuk mengukur kesiapan tim negeri kita sendiri yang dilatih oleh Luis Milla

Selain itu, pertandingan berikutnya yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno esok hari 14 Januari 2018 jam 18.30 dimaksudkan sebagai kesempatan uji coba dengan tim yang punya mentalitas kuat, sehingga dapat menambah kepercayaan diri para punggawa timnas dalam negeri.

Heimir Hallgrimsson, pelatih timnas Islandia mengatakan bahwa Indonesia punya potensi masuk PIala Dunia. (foto sumber: website Kompas)
Heimir Hallgrimsson, pelatih timnas Islandia mengatakan bahwa Indonesia punya potensi masuk PIala Dunia. (foto sumber: website Kompas)
Sementara itu, Hallgrimsson menjelaskan bagaimana tim negerinya itu bisa lolos kualifikasi Piala Dunia dalam sebuah workshopdi Hotel Hyatt Yogyakarta pada hari Selasa 9 Januari 2018 lalu.

Menurutnya, ada dua faktor yang memegang peranan penting dalam dunia persepakbolaan mereka. Yang pertama, membina tim-tim amatir dengan menggunakan pelatih profesional yang memenuhi kualifikasi. Faktor yang kedua adalah dengan cara membangun kualitas teknik dasar dari setiap pemain muda sekaligus menanamkan mental kerja keras.

Timnas Indonesia sebenarnya mempunyai potensi untuk masuk Piala Dunia. Hal ini dilihat oleh Hallgrimsson saat memberikan pelatihan tersebut. Menurutnya, para pelatih Indonesia mempunyai rasa antusiasme besar dan kemauan untuk terus belajar. Luis Milla sendiri berharap anak-anak asuhnya dapat memetik banyak pelajaran selama berlatih dan bermain bersama tim yang terdiri dari Ottar Magnus Karlson, Tyggvi Haraldsson dan kawan-kawan.

Tampak Tim Islandia berlatih di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. (foto sumber: instagram @frozenairmineral)
Tampak Tim Islandia berlatih di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. (foto sumber: instagram @frozenairmineral)
Tambahan pula, pertandingan hari Minggu besok ini akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, sekaligus meresmikan pembangunan stadion GBK yang baru. 

Selain disaksikan Bapak Presiden, pertandingan persahabatan ini juga didukung oleh Frozen Air Mineralsebagai sponsor utama Indonesia vs Islandia. Frozen Air Mineral diproduksi oleh PT Singa Mas Indonesia sebagai anak perusahaan Charoen Pokphand.

Bapak Laurensius Zaoputra selaku Brand Manager Frozen Mineral Water mengungkapkan, "Kami sangat bangga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan PSSI, Timnas Islandia dan MediaPro Asia selaku promotor dari Iceland tour ini. Frozen Air Mineral sebagai Official Water Sponsor memiliki semangat untuk 'menyegarkan' kedua tim. 

Ke depannya kami ingin memberikan komitmen untuk industri sepakbola Indonesia yang lebih baik, agar bisa step up the game menuju Piala Dunia 2022. Seperti kami yang step up the game di pasar air mineral dengan menjadi satu-satunya sponsor air mineral dalam ajang pertandingan persahabatan yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia."

Ini dia skuad Indonesia yang akan diturunkan pada laga persahabatan Minggu malam 14 Januari di stadion GBK. (foto: website Indosport)
Ini dia skuad Indonesia yang akan diturunkan pada laga persahabatan Minggu malam 14 Januari di stadion GBK. (foto: website Indosport)
Untuk pertandingan Minggu besok, PSSI akan memanggil para pemain dari Tim Nasional Sepakbola U-23 Indonesia ditambah beberapa pemain senior. Formasi Timnas khusus untuk pertandingan melawan Islandia ini yaitu terdiri dari Andritany Ardhiyasa (Persija), Satria Tama (Madura United), Awan Setho (Bhayangkara FC) untuk posisi kiper. I Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Fachrudin Aryanto (Madura United), Hansamu Yama (Barito Putera), Bagas Adi (Arema FC), Rezaldi Hehanusa (Persija), Hanif Sjahbandi (Arema FC), M Hargianto (Bhayangkara FC), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Evan Dimas (Selangor FA), Andik Vermansah (-), Ilham Udin (Selangor FA), Septian David (Mitra Kukar), Saddil Ramdani (Persela), Egy Maulana (Timnas U-19), Osvaldo Haay (Persebaya), Boaz Solossa (Persipura) dan Lerby Eliandry (Borneo FC). Akan ada juga tiga orang pemain Persib Febri Haryadi, Henhen Herdiana dan Victor Igbonefo.

Nah, buat Kompasianer Gibolalias Gila Bola yang ingin datang dan menonton langsung pertandingan Tim Merah Putih dengan tim pasukan negeri es, dapat membeli tiketnya di situs PSSI.org atau melalui aplikasi Bukalapak. Kalau harga tiketnya bisa dipilih di antara daftar berikut (harga dalam rupiah ya ):

  • VVIP: 1.500.000
    VIP Barat A: 1.000.000
    VIP Barat B: 1.000.000
    VIP Timur: 750.000
    Kategori 1 A Barat: 300.000
    Kategori 1 B Barat: 300.000
    Kategori 1 C Timur: 300.000
    Kategori 1 D Timur: 300.000
    Kategori 2 (Tribun Utara): 175.000
    Kategori 2 (Tribun Selatan): 175.000
    Kategori 3 (Tribun Atas): 100.000

Penampakan stadion GBK yang akan diresmikan Presiden RI Jokowi sekaligus menjadi tempat berlangsungnya pertandingan timnas Indonesia vs Islandia Minggu besok. (foto sumbr: skyscrapercity)
Penampakan stadion GBK yang akan diresmikan Presiden RI Jokowi sekaligus menjadi tempat berlangsungnya pertandingan timnas Indonesia vs Islandia Minggu besok. (foto sumbr: skyscrapercity)
Nah, siapkan deh fisik dan stamina Kompasianer buat nonton acara yang diperkirakan bakal berlangsung heboh ini. Siapkan juga Frozen Air Mineral banyak-banyak biar nggak capek teriak-teriak. Dan yang terpenting, siapkan mental teman-teman, karena apa pun hasilnya, kita harus tetap bisa bersikap sportif, oke? ***