Mohon tunggu...
Otomotif

Datsun Risers Expedition (Balikpapan-Banjarmasin)

30 Januari 2016   11:18 Diperbarui: 30 Januari 2016   12:01 56 2 1 Mohon Tunggu...

Datsun Risers Expedition merupakan acara yang diadakan oleh Datsun dan Kompasiana sebagai event organizer. Melalui acara ini Datsun mengajak masyarakat untuk membuktikan ketangguhan mobil Datsun Go+ Panca dalam menjelajah nusantara. Acara ini dimulai dari Jakarta yang kemudian dilanjutkan menjelajah pulau Jawa, Bali, dan Lombok. Sulawesi menjadi penjelajahan selanjutnya. Setelah sukses menjelajah beberapa pulau di Indonesia, sekarang giliran pulau Kalimantan. Penjelajahan dibagi menjadi tiga etape. Etape pertama dimulai Balikpapan, Samarinda, dan berakhir di Berau. Etape dua menjelajah Balikpapan menuju Banjarmasin. Etape 3 dimulai dari Pontianak ke Entikong dan kembali lagi ke Pontianak. 

Kami mengetahui acara ini dari salah satu teman yang mengikuti acara ini di gelombang sebelumnya yaitu Sulawesi. Saya dan kedua teman saya yaitu Fika dan Tari sangat tertarik untuk mengikutinya. Kami mendaftarkan diri melalui website Datsun Risers Expedition yaitu www.datsunrisersexpedition.com pada awal Januari 2016. Alhamdulillah, kami berhasil menjadi peserta acara ini.

Datsun Risers Expedition Etape 2 Kalimantan berlangsung selama 3 hari. Hari pertama (19 Januari 2016) kami berangkat dari Jakarta menuju Balikpapan. Team terdiri dari 14 mobil yang 5 mobil diantaranya yaitu para peserta atau risers, sisanya adalah crew dan rekan-rekan media. Pembukaan acara dilakukan di Dealer Nissan Gunung Malang yang berada di Balikpapan. 

Setelah pembukaan langsung menuju penajam menggunakan kapal. Tujuan akhir dari perjalanan hari pertama adalah Hotel Aston Tanjung. Hari itu tidak akan terlupakan karena jalan yang kami tempuh sangat menantang, melewati hutan-hutan, jalannya kecil, naik-turun, rusak, dan licin karena beberapa hari yang lalu longsor. Penerangannya juga sangat minim. Hujan juga turun cukup deras. Beberapa risers juga ada yang mati mesin karena menaklukan jalanan tersebut. Dari siang melakukan perjalanan namun baru tengah malam sampai di tujuan. Hari pertama sangat membuktikan tangguhnya mobil Datsun. 

Hari kedua (20 Januari 2016) merupakan hari berbagi dan rekreasi. Datsun tidak hanya mengajak masyarakat untuk test drive, namun berbagi dengan warga lokal juga. Seperti slogannya "Jadilah Sang Petualang yang Gigih Membangkitkan Inspirasi", para risers diajak untuk menebarkan inspirasi kepada murid SDN Loklahung, Loksado, Kalimantan Selatan. Tujuannya adalah agar murid-murid memiliki mimpi dan cita-cita yang tinggi. 

Tidak hanya sampai disitu. Menjelajah nusantara memiliki tujuan yang sangat baik yaitu memperkenalkan potensi wisata daerah yang kami lalui. Di Loksado, Kalimantan Selatan terdapat sungai Amandit yang menyediakan petualangan dengan Bamboo Rafting. Kami menyusuri sungai selama 2 jam. Perjalanan berlangsung seru karena derasnya air sungai yang juga diguyur hujan dan tawa serta canda selama perjalanan antara para risers dan crew. 

Hari ketiga (21 Januari 2016) merupakan hari terakhir perjalanan kami. Pada hari ketiga kami mengujungi pendulangan emas dan intan di Martapura. Disana kami melihat dan bertanya-tanya tentang proses pendulangan dan juga kehidupan para pendulang. Disana juga tersedia para pedagang batu akik. Beberapa diantara kami membeli sebagai oleh-oleh.

 

Perjalanan hari ketiga berakhir di Dealer Nissan Banjarmasin sebelum kami menuju Bandara untuk balik ke Jakarta. Kami disambut oleh pihak Datsundan juga rekan-rekan media yang setia meliput acara ini. 

Berdasarkan pengalaman yang telah kami alami, mobil Datsun Go+ Panca merupakan mobil yang tangguh untuk digunakan di berbagai medan. Kuat ditanjakan, tetap nyaman di jalan yang rusak, irit bahan bakar, nyaman dikendarai karena memiliki stir dan kopling yang ringan, interior yang cukup sesuai dengan harga yang ditawarkan merupakan kesan yang kami dapat setelah mengendari mobil ini selama 3 hari. Hanya Datsun yang berani membawa city car untuk menjelajah nusantara. 

Fasilitas yang ditawarkan oleh Datsun sangat memuaskan. Selain mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan, para risers dimanjakan dengan penginapan yang mewah dan pesawat terbaik di Indonesia. Kami juga mendapatkan uang saku selama tiga hari sebesar 750 ribu rupiah. Setiap hari disediakan berbagai macam snack dan obat-obatan di dalam mobil. Semua ditanggung oleh Datsun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x