Mohon tunggu...
Dina NurAfifah
Dina NurAfifah Mohon Tunggu... ISJ 1167

Ilmu Sejarah UNS 2017 Pramuka UNS Indonesia Scout Journalist #1167

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Merah Putih dan Tangis Haru Paskibraka Universitas Sebelas Maret Surakarta

25 Agustus 2018   18:27 Diperbarui: 26 Agustus 2018   07:21 0 0 0 Mohon Tunggu...
Merah Putih dan Tangis Haru Paskibraka Universitas Sebelas Maret Surakarta
Merah Putih Dan Tangis Haru Paskibraka Universitas Sebelas Maret Surakarta

SURAKARTA -- PASKIBRAKA merupakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka  yang secara khusus disiapkan untuk mengibarkan sang merah putih di hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2018. Wujud bukti cinta tanah air yang setiap tahun dilaksanakan secara hikmat ini memiliki makna dan arti yang mendalam bagi setiap orang yang terlibat didalamnya, begitupun dengan pasukan pengibar bendera Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah mengibarkan bendera merah putih dengan sangat cantik dikampus tercinta.

Pasukan ini terbentuk dari seleksi mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur Seleksi Bersama Masuk PerguruanTinggi Negeri (SBMPTN) serta hasil seleksi mahasiswa aktif UNS. Seleksi ini diselenggarakan oleh Pramuka UNS. Dari hasil seleksi ditentukanlah pasukan sebanyak 45 orang. Mereka melakukan latihan rutin sejak bulan Ramadhan hingga menjelang Hari Kemerdekaan RI ke 73. Pasukan ini dilatih oleh teman-teman mahasiswa dari Pramuka UNS dan Purna Pakibra tahun sebelumnya serta Pembina Pramuka UNS yang sekaligus pelatih Paskibra Kota Surakarta.

Seleksi dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si yang didampingi oleh Pembina Pramuka UNS, Dr. Moh Gamal Rindarjono, M. Si. Dari ratusan mahasiswa yang mengikuti seleksi paskibra tersebut,terpilihlah 45 nama yang akhirnya  mengemban amanah sebagai Pasukan Pengibar Bendera.

Sunguh sebuah kebanggaan bagi pasukan pengibar bendera Universitas Sebelas Maret ketika berhasil membentangkan sang merah putih dengan gagah dan elok dikampus tercinta. Rasa haru menyelimuti setiap orang yang menyaksikan prosesi sakral ini. Umar Faruq selaku pembentang sang merah putih merasa bangga dan haru ketika dia melakukan proses pembentangan bendera. Ucapan rasa syukur bergema dari peserta upacara ketika menyaksikan peristiwa tersebut. Banyak diantara pasukan, pelatih, serta panitia turut berbangga dan bersyukur atas berkibarnya sang merah putih.

Merah Putih Dan Tangis Haru Paskibraka Universitas Sebelas Maret Surakarta
Merah Putih Dan Tangis Haru Paskibraka Universitas Sebelas Maret Surakarta
Selain bangga atas berkibarnya sang merah putih, pasukan bersama panitia dari Pramuka UNS juga merasa bangga ketika berfoto bersama Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S dan para Pembantu Rektor selepas pengibaran bendera pada tanggl 17 Agustus 2018 di halaman gedung dr. Prakosa Kantor Pusat UNS.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x