Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Sederhana Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

6 Juni 2021   11:52 Diperbarui: 6 Juni 2021   12:01 89 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Sederhana Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
Mengurus kebun ( Sr.Patrisia,OSF)

Melakukan pekerjaan rumah tangga adalah sesuatu yang ribet. Pekerjaan rumah tangga sering juga dipandang sebelah mata. Hehehe...Tampaknya sebagian orang menyepelekan pekerjaan ini padahal kalau dipikir-pikir pekerjaan ini adalah suatu pekerjaan yang bernilai luhur dan mulia. Mengapa ? Karena disana akan nampak jelas dan nyata bukti dari ketulusan dan pelayaanan seseorang. Bagaimana dengan kita ? Sudah kah kita sanggup melakukan pekerjaan rumah tangga itu sendiri atau malah memberikannya kepada orang lain . Siapa yang bertanggung jawab melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut? Ya,tentulah seisi rumah itu ,hehe.

Komunitas saya adalah komunitas studi dimana para suster yang tinggal disana adalah mahasiswa aktif setiap harinya. Sebelum pandemi kami memiliki seorang karyawan untuk membantu urusan rumah tangga. Akan tetapi selama pandemi karyawan tidak ada lagi dan kami harus mengerjakan semuanya pekerjaan itu mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar. Kami tidak hanya memperhatikan tugas pribadi dan studi akan tetapi juga kepentingan bersama.

Langkah pertama yang kami lakukan adalah membagi beberapa pekerjaan kedalam beberapa pos sehingga setiap orang mendapatkan satu pos untuk dipertanggungjawabkan selama satu minggu. Di komunitas saya ada lima pos pekerjaan antara lain : Dapur ( memasak,belanja). Kamar cuci ( Mengurus kain dan merapikan barang-barang), Kamar makan ( Membersihkan kamar makan,menghidang), ruang tamu ( Membersihkan kamar tamu,kapel dan lain-lain), Kebun ( Mengurus taman dan jemuran)

Di sela kesibukan kami dalam perkuliahan kami mencoba membagi waktu untuk memperhatikan tugas dan tanggung jawab kami. Sampai saat ini,ternyata kami mampu melakukannya tanpa melalaikan prioritas kami yakni Hidup doa,kebersamaan dan tugas studi. Pekerjaan itu menjadi salah satu bentuk pelayanan dan pemberian diri kami demi kebersamaan.

Ada sebagian orang bertanya,bagaimana caranya mengerjakan itu semua sementara perkuliahan selalu dimulai pkl 08.00 wib ? Belum lagi tugas kuliah atau urusan komunitas atau urusan yang lain ? Nah,jangan khawatir teman-teman ! Berikut saya berikan tips suksesnya untuk kalian agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik .

1. Buatlah schedule

Membuat daftar pekerjaan rutin akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai waktu kita terbuang tanpa melakukan apa-apa. Membuat schedule kemudian tempelkan pada papan info di kamar sendiri. Schedul akan membantu kita untuk memanage waktu dengan baik. Sehingga segala pekerjaan dapat kita lakukan tanpa terburu-buru. Mulailah dengan pekerjaan yang ringan .

2. Jangan menunda pekerjaan

Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan yang harusnya dilakukan. Dengan berkata nanti kita akan terbuai dan semua pekerjaan bisa terlalaikan. Oleh karena itu utamakan pekerjaan yang menyangkut kepentingan bersama atau pribadi. Menunda untuk bepergian atau bersantai,boleh.

3. Membagi pekerjaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x