Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Bersama Pimpinan Kutemukan Talenta Baru dalam Diriku

2 April 2021   22:20 Diperbarui: 2 April 2021   22:27 202 30 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersama Pimpinan Kutemukan Talenta Baru dalam Diriku
today.line.me

Selama pekan suci saya ditugasi untuk bermazmur oleh sie liturgi. Sebenarnya saya tidak pintar bernyanyi apalagi membaca not. Akan tetapi sie liturgi begitu yakin dan percaya bahwa saya dapat membawakan mazmur itu dengan bagus. Mempertanggungjawabkan kepercayaan itu terasa berat bagi saya. Jadi,jauh sebelum hari H saya berlatih dengan sungguh. Saya mencoba mencari mazmur tersebut di youtube dan memang sangat banyak. Sayangnya,suara yana yang saya dengar di youtube itu bagus-bagus.

Suatu hari saya masuk ke ruang belajar khusus untuk berlatih. Melatih mazmur yang akan saya bawakan pada perayaan ekaristi  kamis putih. Waktu latihan saya sengaja menggunakan handsfree dengan tujuan supaya orang lain tidak terganggu. Ternyata tanpa saya sadari suara saya dapat menerobos dinding-dinding kamar sehingga pimpinanku datang menemui saya keruang belajar. Waktu pimpinanku datang dia berdiri dipintu dan berkata," Wah,ternyata suaramu tinggi juga ya ! Coba ulangi sekali lagi ! Saat itu juga saya mengulangi mazmur yang telah saya nyanyikan tadi. Sebenarnya saya gerogi dan rasa gerogi itu membuat suara saya bergetar. Bergetar bukan karena suara yang bagus melainkan suara yang ketakutan dibarengi dengan gerogi.

Waktu saya menyanyikan mazmur itu,pimpinan saya mulai mengangguk-anggukkan kepala. Saya tidak tau arti sebenarnya  dari anggukan itu. Maka karena saya tidak tau saya lanjutkan terus untuk bernyanyi sampai habis. Setelah itu pimpinanku memberikan masukan kepadaku. Mengajariku tentang lembut kerasnya suara saat bernyanyi. Katanya kalau menyanyikan mazmur  yang bagus itu harus penuh penghayatan dan keras lembutnya suara harus terasa sehingga kata-kata yang saya ucapkan itu menarik dan dapat menyentuh hati orang yang mendengarnya. Jangan lupa yang paling penting saat bernyanyi adalah artikulasi atau vokal.

Jadi,kurang lebih tiga hari saya dilatih khusus oleh pimpinan saya. Pimpinan saya itu memang memiliki suara yang bagus,pintar membaca not juga pintar main musik. Jadi jiwa seni dalam hal bernyanyi telah dimilikinya. Selama latihan bersama pimpinanku itu,saya mendapatkan berbagai trik saat menyanyikan mazmur dan itu saya terapkan ketika saya bermazmur pada kamis putih dan jumat agung. Mau tau trik menyanyi  yang saya dapatkan itu ? Inilah dia beberapa trik bernyanyi yang bagus bagi kalangan pemula seperti saya :

1. Tarik nafas yang teratur

Cara menarik nafas saat bernyanyi sangat mempengaruhi keindahan lagu yang saya nyanyikan. Selama berlatih saya diminta untuk tarik nafas yang panjang supaya ketika menyanyikan ayat-ayat mazmur suara saya tetap jernih. Tidak tersendat-sendat.

2. Perhatikan pemenggalan kata

Memperhatikan Pemenggalan kata saat bernyanyi sangat penting. Jangan sampai kata yang saya ucapkan itu tidak memiliki makna atau arti. Jadi pemeggalan kata juga mempengaruhi pesan yang akan saya sampaikan lewat mazmur yang saya nyanyikan.

3. Tingkat penguasaan 

Tingkat penguasaan itu sangat penting. Menguasai apa yang hendak dinyanyikan dan dikatakan juga menguasai tempat. Mengapa demikian ? Karena kalau saya telah menguasai apa yang hendak saya nyanyikan atau katakan maka mata saya akan tertuju kepada audiens dan tidak kepada buku. Sehingga ada kontak antara saya dengan para pendengar. Menguasai tempat juga perlu karena kalau tidak dikuasai rasa gerogi akan semakin mencuat dan akhirnya bisa terjadi kesalahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x