Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... Guru - be do the best
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pekerjaan Itu adalah Jawaban dari Setiap Doa

24 Oktober 2020   21:50 Diperbarui: 24 Oktober 2020   21:59 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini adalah hari yang sangat spesial bagi kami. Disamping kesibukan di kampus, hari ini merupakan sabtu bersih bagi kami sekaligus untuk belanja kebutuhan mingguan. Mulai pukul 7.30 wib kami sudah mulai beraktivitas. Ada yang kepasar untuk belanja,ada yang memasak dan ada yang kebersihan seluruh pekarangan rumah. Kebetulan selama pandemi tidak ada karyawan yang membantu kami di komunitas.

Segala pekerjaan rumah kami kerjakan sendiri. Terkadang mengalami yang namanya lelah tapi mau tidak mau itu harus di kerjakan. Jadi sekali dalam seminggu setiap kami digilir untuk melakukan setiap pekerjaan itu mulai dari dapur,kamar cuci,kamar makan,kamar tamu,dan taman. Mengingat kami semua adalah mahasiswa yang setiap harinya harus mengikuti perkuliahan  kapan pekerjaan ini  bisa dilaksanakan dengan baik?

Nah,saya mau berbagi tipsnya bagaimana saya bisa mengerjakan nya dengan baik tanpa terpaksa dan merasa terbebani? Yang namanya pekerjaan, yah harus dikerjakan. Selain harus dikerjakan ini menyangkut tanggung jawab dan kepercayaan. Kepercayaan orang lain terhadap saya harus saya jaga baik-baik dan itu saya harus tunjukkan lewat sikap saya. Sebagai pribadi yang bertanggung jawab tentu saya mengharapkan sesuatu yang baik dari setiap pekerjaan yang saya lakukan.

Bagaimana saya mewujudkan itu ? Yuk,simak baik-baik. Ini cara saya untuk memberikan yang terbaik dalam setiap kegiatan yang kulakukan.

1. Ada perencanaan/ scedule

 Rencana yang saya buat sangat membantu saya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tanpa melalaikan yang menjadi prioritas yaitu kuliah. Dalam perencanaan itu sudah tersusun rapi apa yang menjadi aktivitas saya dari waktu ke waktu sehingga hal kecil sekalipun sudah terjadwal dan mendapatkan waktu dalam perencanaan saya.

2. Mulai dari hal yang mudah.

 Biasanya jenis-jenis pekerjaan itu tidak sama porsinya. Ada yang sungguh membutuhkan waktu lama,membutuhkan tenaga bahkan pikiran. Memulai pekerjaan dari hal mudah misalnya dimulai dari kegiatan pribadi ( merapikan kamar sendiri,tugas-tugas dan lain-lain ),setelah itu baru melakukan pekerjaan yang menyangkut kebersamaan,entah itu mengurus berkas,belanja dan masih banyak lagi.

3. Melakukan pekerjaan dengan sukacita

Untuk saya pribadi setiap pekerjaan itu seolah menjadi hobby saya. Jadi yang namanya hobby tentu dilakukan dengan senang hati sam halnya ketika menulis dikompasiana. Ketika pekerjaan itu saya lakukan dengan senang hati disana ada harapan bahwa apa yang saya kerjakan akan menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat.  Sementara kalau dikerjakan dengan terpaksa yakinlah hasilnya akan kurang memuaskan bahkan resikonya bisa dua kali lipat sudah gagal dimarahi lagi. Pernah juga sih mengalami hal itu tapi setelah itu saya bertobat. Seperti kata orang bijak setiap orang ber hak untuk salah tapi jangan lupa untuk memperbaikinya.

4. Bekerja bukan untuk menyenangkan orang lain tapi menyenangkan Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun