Mohon tunggu...
Dina WahyuKurniawati
Dina WahyuKurniawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dina

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Bahasa Indonesia dalam Channel Youtube Kimbab Family

28 Oktober 2021   07:40 Diperbarui: 28 Oktober 2021   08:40 210 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kimbab Family adalah channel YouTube yang berisi konten mengenai kehidupan keluarga. Kimbab Family merupakan suatu keluarga suami istri yang menikah beda negara yaitu negara Indonesia dan negara Korea Selatan. Suami Istri tersebut bernama Gina dan Jay. Mereka memiliki tiga anak yaitu Suji, Yunji, dan Ji-ow. Ketiga anaknya lahir di negara yang berbeda. Suji lahir di Korea Selatan, Yunji lahir di Indonesia, dan Ji-ow lahir di Indonesia. 

Pada saat Yunji lahir Gina menetap di Indonesia tepatnya di Bandung begitu juga dengan kelahiran Ji-ow yang masih di Indonesia. Gina dan ketiga anaknya yang menetap di Indonesia sampai tahun 2019 awal dan Jay yang bolak balik Korea-Indonesia karena Jay yang bekerja di Korea.

Selama waktu tiga tahun Jay mulai belajar bahasa Indonesia kepada istrinya dan anak-anak mereka yang sangat fasih berbahasa Indonesia. Tidak hanya Jay saja yang belajar berbahasa, melainkan Jay juga mengajarkan bahasa Korea kepada anak-ankanya agar bisa komunikasi dengan keluarga yang ada di Korea. Begitupun Gina pada saat awal menikah ia mulai belajar bahasa Korea agar bisa berbicara dengan mertuanya. Dalam satu keluarga yang memiliki dua bahasa yang berbeda sehingga mengaharuskan mereka untuk dapat berbicara dengan kedua bahasa tersebut.

Pemerolehan bahasa yang didapatkan anak-anak mereka ada dua yaitu pemerolehan bahasa pertama dan kedua. Pemerolehan bahasa pertama yang dihasilkan dari ibunya mereka sedangkan bahasa kedua dari ayahnya mereka. Pada tahun 2019 mereka menetap dan berpindah ke Korea Selatan. Begitu juga dengan pendidikan anak mereka yang harus pindah. 

Oleh sebab itu mereka harus bisa berbahasa Korea dengan lancar. Pada saat anak-anak mereka sudah masuk sekolah, orang tua mereka selalu bertanya kepada gurunya apakah ada kendala dalam berbahasa Korea, namun ternyata anak-anak mereka lancar sekali dan tidak ada kendala apapun dalam berbahasa Korea.

Di rumah sang ibu Gina selalu berbicara menggunakan bahasa Indonesia agar anaknya mengingat bahwa ibunya berasal dari Indonesia. Sejak di Korea anak-anaknya sudah jarang berbicara menggunakan bahasa Indonesia. 

Sedangkan untuk kakek, nenek, om dan tantenya biasa video call mengajak berbincang  menggunakan bahasa Indonesia. Dan anak-anak mereka sudah mulai kesulitan berbicara bahasa Indonesia karena sudah terbiasa bahasa Korea. Meskipun Gina berbicara bahasa Indonesia anak-anak mereka mengerti dan memahami apa yang dibicarakan.

Melalui channel YouTubenya yang ditayangkan pada hari Kamis, 15 Oktober 2021 Gina dan Jay membuat seperti kampung Indonesia dimana anak-anaknya harus bisa berbahasa Indonesia dengan lancar lagi agar bisa berkomunikasi dengan keluarga mereka yang di Indonesia. 

Dengan caranya yang asik Gina mengajarkan dengan makanan ringan yang harus ditebak dengan bahasa Indonesia oleh anak-anaknya. Anak-anaknya sangat menikmati momen kampung bahasa Indonesia yang dibuat oleh ibunya. 

Dan Gina berbicara kepada anak-anaknya bahwa bukan hanya dia yang berbahasa Indonesia. Tetapi juga anak-anaknya ketika diajak berbicara bahasa Indonesia harus menjawabnya dengan bahasa Indonesia.

Channel Kimbab Family ini cocok untuk kamu yang ingin belajar bahasa Indonesia dan bahasa Korea. Kita bisa menambah sedikit kosa-kata melalui melihat video yang ada di channel YouTube Kimbab Family.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan