Mohon tunggu...
Dimyat Aa Dym
Dimyat Aa Dym Mohon Tunggu... Bergabung mulai tahun 2012 dan Buku Perdananya tahun 2020 berjudul "Pendidikan Berbasis Al-Qur'an & Pancasila"

Seorang guru dan pendidik di sekolah yang telah mengabdikan dedikasinya untuk tunas-tunas bangsa lebih dari 20 tahun. Blog : www.dimyativi.blogspot.com , twitter : @dimyat1, FB : Dimyat Muqsith

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Radin 2014, Pertemun Tahunan dan Halal Bihalal 1435

9 Agustus 2014   18:35 Diperbarui: 18 Juni 2015   03:58 55 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Radin 2014, Pertemun Tahunan dan Halal Bihalal 1435
14075587142042033300




[caption id="attachment_352044" align="aligncenter" width="448" caption="Suasana Halal Bihalal Silaturahim Idul Fitri, Yayasan Thariq Bin Ziyad di Rumah Ketua Yayasan Bapak DR. H. Sa"][/caption]

Radin 2014, Pertemun Tahunan dan Halal Bihalal 1435

Oleh : Dimyat, S.Ag.*)

Memasukitahun pelajaran 2014-2015 Yayasan dan LPIT Thariq Bin Ziyad seolah menemukan beberpa momentum pentingnya, muli dari sukses di tahun ajaran 2013-2014 dengan suksesnya Wisuda Al-Qur’an dan Wisuda Kelulusan, tingkat TKIT, SDIT, SMPIT Full Day School dan SMPIT Boarding School, serta SMAIT Thariq Bin Ziyad.

Maka begitu juga pada tahun kedua pelaksanaan Kurikulum 2013 ini, sebagai amanat Negara melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, di tahun pertama telah dipercaya sebagai sekolah inti yang diamanatkan untuk lebih dulu melaksanakan Kurikulum 2013 di bandingkan dengan sekolah lainnya baik yang negeri atau swasta.

Agenda monumental penting lainnya mulai bulan Juni 2014, Juli 2014, dan Agustus 2014, yang perlu diingat dan catat baik-baik berturut-turut adalah Rapat Dinas (RADIN), Pertemuan Tahunan (PERTA), dan Halal Bihalal (HALBI) yang baru saja berlangsung di rumah ketua Yayasan Thariq Bin Ziyad Bapak DR. H. Sa’duddin MM di Grand Wisata (6/8).

Kegiatan yang berurutan seperti di atas kalau dikaitkan dengan bulan mulia dan agung yang baru saja kita lewati yakni Ramadhan sebagai bulan ibadah, bulan tarbiyah dan bulan dakwah, maka kegiatan awal (RADIN) merupakan Rahmah, kegiatan kedua (PERTA) merupakan maghfiroh, dan kegiatan terakhir yakni Halal Bihalal (HALBI) adalah idzkun minannar.

Menurut ketua Yayasan Thariq Bin Ziyad, sebagai mana disinggung dalam sambutannya, Halal Bihalal meskipun merupakan suatu tradisi yang hanya ada di Indonesia, tetapi beliau berharap meskipun merupakan suatu tradisi tetapi pada hakikatnya kita sedang membudayakan kebaikan atau sunnahsilaturahim, serta keutamaan ibadah social (ghoiru mahdhoh) lainnya.

Awaluhu Rohmah artinya semoga awalnya menjadi rahmat, dengan lembaga yang kita berkiprah di dalamnya ini kita selalu mencari faidah dan fadhilah dari dakwah di dunia pendidikan ini. Dengan konsep pendidikan terpadu yang tentunya sangat sejalan dengan Kurikulum Pemerintah (Kurikulum 2013). Oleh sebabnya kita selalu berdoa meminta keberkahan dalam organisasi atau yayasan.

Itulah yang kami lakukan bersama pengurus yayasan yang ada saya dengan istri, pak Andang juga bersama istri melaksanakan ibadah umroh di bulan suci Ramadhan 1435 H. Maka tidak lain harapan kami dan kita semua ialah semoga mendapatkan kebaikan kedua yakni Ausatuhu Maghfiroh, pertengahannya itu adalah maghfiroh (ampunan) dari Allah SWT.

Sehinga ssampailah kita pada bulan syawwal ini semoga dengan amal ibadah di awal, di tengah dan di akhir bulan Ramadhan yang lalu pada akhirnya kita mendapatkan Idzkum Minannar (terebas dari api neraka). Kami segenap pengurus Yayasan dan LPIT Thariq Bin Ziyad mengucapkan “taqobbalallahu minna waminkum, minal a’idzin wal fa’izin, kullu ‘amin wa antum bikhoir”.

Pada bagian lain dari acara Halal Bihalal itu, Direktur LPIT Thariq Bin Ziyad juga memberikan sambutan dan berpesan agar momentum ini dijadikan sebagai sarana untuk menguatkan hasil RADIN yang juga sejalan dengan dalam rangka menguatkan hasil ibadah di bulan suci Ramadhan yakni menguatkan simpul akhlak, al-qur’an, akademik dan bahasa (A3B).

Jika di dalam keyakinan orang Jawa Barat (Sunda ) ada istilah Mista, Maja, dan Utama maka dalam ilmu manajemen kita untuk mensukseskan A3B tersebut ialah kita selalu mengupdate siklus kerja kita mulai dari Planning, Organizing dan Aktualingserta Controling. Dengan menerapkan ilmu dan prinsip-prinsip manajemen di atas maka kita yakin bahwa visi, misi dan tujuan kita akan tercapai.

Sementara itu Staf Ahli Direktur LPIT Thariq Bin Ziyad Bapak Drs. Bambang Setiawan MM mengingatkan bahwa seorang yang memiliki sifat shaleh dan taqwa selalu akan memberkan yang terbaik, memberikan manfaat dalam kondisi apapun dan dimanapun. Sebagai insan civitas akademika Thariq Bin Ziyad, pengorbanan yang terbaik itu salah satunya kita wujudkan untuk anak didik kita di Thariq Bin Ziyad.

Acara yang dipandu (MC) oleh manajer Pembinaan Humas dan Qur’an (PQH) itu dihadiri juga oleh manajer Pendidikan, manajer Boarding School, Manajer Keuangan dan SDM, Manajer Umum, ManajerBahasa, Pimpinan Kepala Sekolah dan Kepala Unit serta guru dan karyawan lebih dari 250 orang. Di akhir acara setelah doa oleh Ust. Nuryasin Lc diadakan ramah tamah dan makan siang bersama.

“Semoga kita bisa bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan dan semoga Halal Bihalal tahun depan kita bisa bertempat di rumah dinas bapak ketua Yayasan kita di Kalibata – Jakarta, karena pada periode 2014-2019 ketua yayasan kita mendapatkan amanah dari rakyat sebagai anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera” tutup MC (Drs. H. Muhammad) di akhir acara itu, Wallahu a’lam. [DM].

*) Kepala Humas PQH LPIT Thariq Bin Ziyad

VIDEO PILIHAN