Mohon tunggu...
Dimas Astagina
Dimas Astagina Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa Trisakti School Of Management

Seorang Mahasiswa yang haus akan ilmu

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tiga Fungsi Kepegawaian Staffing

27 April 2021   11:00 Diperbarui: 27 April 2021   18:01 307 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tiga Fungsi Kepegawaian Staffing
sumber : http://intllaw.net/bi-weekly-news-analysis-of-the-international-law-office-2/

Kita tentunya tau pada setiap perusahaan pastinya terdapat staffing dan akan berulang beberapa kali untuk menyesuaikan pekerjaan dengan keahlian dari para karyawannya, namun tahukah anda bahwa terdapat 3 fungsi kepegawaian staffing yang dapat kita ketahui dan manfaatkan pada beberapa kondisi tertentu.

Sebelum itu, kita harus mengetahui pengertian dari kata "Staffing". Staffing Pada dasarnya yaitu suatu kegiatan di dalam perusahaan untuk menemukan orang yang tepat agar mengisi posisi di dalam perusahaan merupakan, nah ini merupakan inti dari penempatan staf atau Staffing. Dari sudut pandang kepegawaian, pekerjaan biasanya dapat dianggap tetap atau ditetapkan. Karyawan akan ditemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion daripada pekerjaan yang ada Lalu apa sajakah Tiga Fungsi Kepegawaian Staffing ini? mari simak berikut ini.

1. PEREKRUTAN

Ketika perusahaan memiliki tempat di perusahaannya yang harus diisi, mereka mendorong orang untuk melamar di perusahaan mereka yaitu, mereka mencoba untuk merekrut pelamar. Metode perekrutan beragam tergantung dari perusahaan yang melakukannya, beberapa mengandalkan informasi dari mulut ke mulut, dan beberapa diwajibkan oleh hukum untuk menjalankan iklan tertulis dalam publikasi tertentu. Metode rekrutmen yang diterima dapat mencakup iklan baris di koran atau jurnal perdagangan, walkins, bursa kerja, acara rekrutmen kampus, papan kerja online, dan aktivitas cerdas apa pun yang dapat dilakukan perusahaan.

sumber https://www.hipwee.com/list/tips-untuk-jobseeker-di-kala-pandemi-yuk-simak/?hcb=1
sumber https://www.hipwee.com/list/tips-untuk-jobseeker-di-kala-pandemi-yuk-simak/?hcb=1
2. SELEKSI

Seleksi adalah tentang memilih pelamar terbaik. Dinyatakan secara lebih formal, seleksi merupakan proses memilih dari antara pelamar yang ingin dipekerjakan oleh perusahaan. Logika seleksi adalah untuk memeriksa pekerjaan untuk menemukan tugas dan KSAO, memeriksa pelamar untuk menemukan klasemen mereka baik pada tugas atau KSAO, dan kemudian menawarkan pekerjaan kepada mereka yang memiliki kinerja pekerjaan yang diprediksi terbaik (atau setidaknya berkualifikasi minimal). Walaupun Prosesnya sangat sederhana dalam teori, Namun dalam implementasinya hal ini dapat menjadi sulit terutama bagi para HRD perusahaan. Bagian dari praktik kesulitan berasal dari hukum tentang praktik perekrutan, dan sebagian berasal dari apa yang kita ketahui tes psikologi dan penggunaannya.

sumber : https://smartpresence.id/blog/hr/proses-staffing-dalam-manajemen-sdm
sumber : https://smartpresence.id/blog/hr/proses-staffing-dalam-manajemen-sdm
3. PENEMPATAN

Penempatan, di sisi lain, adalah tentang memilih pekerjaan atau posisi yang tepat untuk orang tersebut, serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperlancar transisi individu yang dipekerjakan dari orang luar menjadi karyawan yang produktif. 

Sumber : https://reaktor.co.id/pengertian-perbedaan-buruh-pekerja-tenaga-kerja-pegawai-dan-karyawan/
Sumber : https://reaktor.co.id/pengertian-perbedaan-buruh-pekerja-tenaga-kerja-pegawai-dan-karyawan/
Trik dalam kepegawaian adalah untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan di jalan pengetahuan manusia, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik lainnya (KSAO). Setelah kita mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan, kita dapat menemukan orang-orang dengan karakteristik yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan tersebut.  Namun, Menemukan orang yang sesuai dengan pekerjaan bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan kinerja. Pelatihan dapat mengubah orang, pemimpin memotivasi orang, dan desain ulang pekerjaan mengubah pekerjaan.

Baiklah Itu dia Tiga Fungsi Kepegawaian Staffing di dalam perusahaan yang mungkin akan bermanfaat kepada anda

SALAM DAMAI

DIMAS ASTAGINA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan