Mohon tunggu...
dimas
dimas Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

bismilah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ideologi Pancasila di indonesia

28 Oktober 2021   16:01 Diperbarui: 28 Oktober 2021   16:03 87 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi Pancasila adalah nilai nilai luhur yang ada di indonesia yang tercakup dalam lima sila,arti dari pancasila sebagai ideologi negara mencakup lebih luas adalah visi atau tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara di indonesia,visi atau tujuan tersebut adalah agar terwujudnya sebuah kehidupan yang sangat menjunjung tinggi ketuhanan yang esa,nilai nilai kemanusiaan,persatuan,kerakyatan dan keadilan.,dan tujuan adanya Pancasila ini digunakan agar bangsa ini memiliki akar atau pedoman yang kuat serta mempunyai identitas yang jelas dan menjadi suatu yang khas yang mem bedakan nya dengan bangsa bangsa lain.

Ideologi juga disebut a system of ideas yang berarti akan mengatur seluruh hasil pemikiran tentang kehidupan, lalu melengkapinya dengan berbagai sarana juga kebijakan serta strategi, dimana tujuan yang ingin dicapai disesuaikan dengan kenyataan nilai-nilai yang ada dalam filsafat yang menjadi sumbernya.
Berarti dapat kita simpulkan bahwa ideologi merupakan hasil hasil pemikiran yang isi nya mencakup nilai-nilai tertentu demi tercapai nya sebuah tujuan tertentu yang ingin dicapai. Ideologi disebut juga sebagai identitas dari suatu negara. Karena ideologi  memiliki fungsi yang sangat penting untuk sebuah suatu negara, dimana ideologi tersebut digunakan sebagai sebuah hal yang dapat memperkuat identitas sebuah masyarakat negara.

Nilai-nilai yang tercantum pada pancasila ini adalah nilai yang di setujui atau di sepakati bersama,karena itu menjadi sarana untuk mempersatukan masyarakat indonesia
Nilai yang terkandung dalam pancasila ini mempunyai fungsi fungsi tersendiri,seperti menjadi sarana pemersatu bangsa,sebagai arahan negara untuk mencapai tujuan,untuk menjaga dan mengedepankan jati diri bangsa indonesia,untuk jadi pedoman hidup dalam menjaga keutuhan nya sebuah negara,untuk menumbuhkan jiwa nasional,dan sebagai jalan untuk mewujudkan suatu cita cita yang terkandung di pancasila.

Dari penjelasan yang ada di atas, dapat kita simpulkan bahwa ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai nilai dan norma norma yang menjadi suatu landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai sebuah tujuan dengan berdasarkan ke lima sila yang ada di dalam pancasila.

penerapan ideologi pancasila bisa kita lakukan
dalam kehidupan sehari hari kita,contoh nya dengan membantu sesama warga tanpa membedakan agama,etnis dan yang lain lain,menghormati hak hak orang lain dan kewajiban seperti misalnya ketika ada yang non muslim sedang ber ibadah kita harus menghargai nya dan tidak boleh mengusik mereka yang lagi beribadah,dan ber gotong royong yang biasanya di lingkungan tempat tinggal kita sendiri misalnya berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan,dengan ber gotong royong kita bisa menjadi lebih akrab ke tetangga tetangga sekitar rumah kita dan terjalin nya hubungan yang baik dalam lingkungan sekitar dan yang terakhir menjunjung tinggi nilai nilai persatuan dalam masyarakat,karena pada dasar nya kita manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa melakukan semua nya itu sendirian tetapi kita perlu membutuhkan orang lain dan harus menghindari sifat egois dalam bermasyarakat misalnya tidak mau mendengar pendapat orang lain karena pendapat itu kurang bagus dan berfikir seolah olah pendapat kita lebih baik dibandingkan orang lain

Ketika kita tidak menerapkan ideologi pancasila kita dalam kehidupan sehari hari maka akan berdampak besar dalam bermasyarakat kemudian menimbulkan perpecahan di negara ini karena tidak ada nya pedoman yang kita pegang yaitu pancasila,jadi dampak yang ditimbulkan contohnya adalah akan ada sebuah konflik yang terpicu karena adanya rasis dari pihak satu dengan pihak yang lain,timbul kurang nya rasa bersosialisasi terhadap orang di sekitar kita,dan kurang nya menghargai hak hak pendapat orang lain.

Yang menjadi salah satu elemen penting dalam sistem ketahanan indonesia adalah ketahanan ideologi. bagi indonesia, ideologi yang di maksud kan tentu saja ideologi pancasila.berbicara pada pidato Ir soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945,di pidato tersebut soekarno menegaskan bahwa Pancasila adalah satu satunya ideologi yang mampu mempersatukan bangsa indonesia.selain itu,Pancasila ber peran dalam perdamaian dunia karena menjadi ideologi penyeimbang antara kapitalisme dan sosialisme

Tantangan Berat ideologi Pancasila sudah mencapai titik akhir nya . arti nya, rumusan Pancasila yang sekarang  ideal dan paling sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang multikultural dan ber kebhinekaan dalam hal suku, agama, ras, dan antar golongan (Sara).
dan demikian, ideologi Pancasila tetap saja berada dalam tantangan yang berat. Tantangan utama ketahanan ideologi Pancasila, tidak hanya datang dari penganut ideologi yang bertentangan seperti komunisme, melainkan juga datang dari  pendukungnya sendiri yang tidak menghayati nilai-nilai Pancasila dengan konsisten.
tantangan tantangan lainnya adalah makin banyak nya warga masyarakat yang terhanyut arus globalisasi sehingga cenderung mengikuti gaya hidup liberal dan meninggalkan nilai-nilai Pancasila yang ada di indonesia,
harus kita akui bahwa sekarang ini nilai-nilai yang ada di  Pancasila belum bisa menjadi praktik di kehidupan kita sehari-hari dari sebagian besar warga negara Indonesia.

nah harapan saya sebagai warga negara indonesia adalah kita sebagai anak bangsa harus memperkuat dan melestarikan ideologi ideologi pancasila yang ada di indonesia ini agar tercipta nya masa depan yang baik bagi bangsa indonesia dan anak anak muda nya makin tumbuh rasa nasionalisme yang kuat dan tidak terpengaruh dari budaya budaya asing yang tidak sesuai dengan ideologi kita,sangat di sayang kan bukan kalau ideologi pancasila kita luntur di zaman sekarang yang lagi gila gila nya arus globalisasi,pejuang terdahulu sudah susah payah untuk mencetus dan memperkuat idelogi kita tapi malah kita tidak melanjutkan perjuangan tersebut,sangat sia sia bukan?,maka dari itu kita yang sebagai generasi muda muda ini harus melanjutkan perjuangan pejuang pejuang terdahulu,Ayo jaga ideologi kita dari paham paham ideologi yang tidak sesuai di negara kita ini!!! Merdeka!! Merdeka!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan