Mohon tunggu...
dimas rizky
dimas rizky Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang mahasiswa ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

27 Mei 2023   17:57 Diperbarui: 27 Mei 2023   18:04 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Di Indonesia, salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah melalui program "Kemerdekaan Belajar". Merdeka Belajar merupakan gagasan revolusioner untuk memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan potensinya. Dalam artikel ini, kami menjelaskan praktik terbaik belajar mandiri yang dapat memicu semangat kita untuk belajar.

Menerapkan pembelajaran kontekstual
Salah satu praktik terbaik dalam pembelajaran mandiri adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual adalah metode pembelajaran yang menghubungkan suatu topik dengan konteks kehidupan nyata siswa. Dengan menerapkan pembelajaran kontekstual, siswa dapat membuat hubungan antara topik dan pengalaman sehari-hari, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan.

Misalnya dalam pelajaran matematika, guru dapat mengajarkan konsep-konsep matematika melalui soal-soal dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, guru dapat memberikan latihan kepada siswa untuk menghitung total biaya pembelian di supermarket, mengkategorikan data penjualan, atau merancang bangunan sederhana. Hasilnya, siswa dapat melihat relevansi matematika dalam kehidupannya dan merasa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Mengembangkan keterampilan abad 21
Merdeka Belajar juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan abad 21, khususnya keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia modern. Beberapa keterampilan abad 21 meliputi komunikasi, kreativitas, kolaborasi, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis.

Dalam kegiatan belajar mandiri, siswa dapat diberikan tugas yang berkaitan dengan keterampilan tersebut. Misalnya, siswa mungkin diminta bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek kolaboratif, menghasilkan produk kreatif seperti video pendek atau poster, atau mengeksplorasi solusi kreatif untuk masalah di sekitar mereka. .

Dengan mengembangkan keterampilan abad 21, siswa akan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan di mana kreativitas, inovasi, dan kemampuan beradaptasi adalah yang terpenting.

Menggunakan teknologi dalam pembelajaran
Teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Oleh karena itu, dalam self-directed learning, penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat relevan. Teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk memfasilitasi akses informasi, kolaborasi antar siswa, dan penggunaan sumber belajar secara ekstensif.

Misalnya, siswa dapat menggunakan Internet untuk mengakses sumber belajar seperti e-book, video pembelajaran, atau platform pembelajaran online. Mereka juga dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak kreatif untuk membuat presentasi, video, atau produk multimedia lainnya yang mendukung pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi juga memungkinkan siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau blended learning, dimana mereka dapat belajar secara mandiri dan fleksibel, sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Pembelajaran berbasis proyek
Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode pembelajaran mandiri yang efektif. Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa diberikan tugas atau proyek yang melibatkan eksplorasi mendalam, penemuan, dan pemecahan masalah.

Melalui proyek-proyek ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Mereka juga dapat belajar mandiri, mengatur waktu dan bertanggung jawab atas proyek yang mereka lakukan.

Misalnya, siswa dapat ditugaskan untuk meneliti masalah lingkungan di sekitar sekolah mereka dan merancang solusi yang berkelanjutan. Selama proses ini, siswa akan belajar tentang isu-isu lingkungan, melakukan wawancara, mengumpulkan data, dan merancang rencana aksi yang konkrit. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang lingkungan tetapi juga menjadi agen perubahan yang aktif dalam memecahkan masalah di sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun