Mohon tunggu...
Dimas Rio Aji Pangestu
Dimas Rio Aji Pangestu Mohon Tunggu... Guru - laki laki

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Lolos Jurnal Sinta

21 Januari 2024   21:57 Diperbarui: 21 Januari 2024   22:03 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.dunia dosen.com

Mahasiswa semester akhir memiliki beban dalam kelulusan nya seperti Tugas Akhir. Tugas akhir merupakan syarat dalam kelulusan diploma atau pun sarjana dengan membuat karya ilmiah tertulis atau project. Dengan menerapkan cara berpikir, dan metode ilmiah dalam memecahkan masalah. Di kampus Indonesia dengan ciri khasnya Indonesia Mini memiliki terobosan terbaru dalam meluluskan mahasiswa nya dengan Publikasi Jurnal. Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang berisi hasil penelitian seseorang atau sekelompok. Mahasiswa dalam membuat jurnal banyak yang merasa kesulitan dalam pembuat jurnal. Simak tipsnya dalam pembuat Jurnal tembus sinta.

1. Pemilihan jurnal yang akan dipublikasi

Dalam menentukan jurnal menjadi langkah awal yang wajib dilakukan. Memilih jurnal yang sesuai dengan topik penelitian sehingga dapat diterima dalam jurnal tersebut dapat diterima oleh pihak jurnal.

2. Memilih topik penelitian

Memilih topik penelitian dalam pembuat jurnal memiliki tujuan dalam memecahkan masalah. Topik penelitian dalam pembahasan tidak menarik atau tidak sesuai maka jurnal yang disubmit tidak akan diterima sehingga dalam memilih topik penelitian semarik mungkin dan memiliki penelitian yang terbaru. Dalam pembuatan jurnal memilih judul juga sesuai dengan ketentuan. Judul harus jelas dan sesuai dengan topik penelitian yang menjelaskan tentang hasil penelitian yang diperoleh.

3. Membaca referensi Penelitian

Dalam membuat jurnal sinta diperlukan rujukan atau referensi yang sesuai dengan penelitian. Sumber referensi dapat diperoleh melalui buku, jurnal penelitian, maupun sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Biasanya referensi penelitian maksimal 10 tahun kebelakang. Hal ini dapat digunakan dalam tingkat kebaruan penelitian.

4. Menulis jurnal sesuai dengan template

 Jurnal umumnya memiliki template yang tersedia di website jurnal. Menulis dengan mengikuti template jurnal wajib dilakukan. Hal ini dapat meloloskan jurnal yang akan disubmit oleh tim redaksi jurnal. Umumnya sistematika jurnal terdiri atas abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil, kesimpulan, dan daftar pustaka.

5. Revisi jurnal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun