Mohon tunggu...
Dilla Hardina
Dilla Hardina Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang pantas mendapatkan keajaibanmu🌻

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

5 Langkah Menjadi Freelancer Expert 2022

14 Januari 2022   16:01 Diperbarui: 26 Januari 2022   18:45 1049 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi pekerja lepas. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Sejak masa pandemi  datang masyarakat mulai terbiasa hidup berdampingan dengan covid-19. Sejak saat itu pula pekerjaan freelance mulai dilirik oleh banyak orang. Seperti yang kita tahu, pandemi covid-19 ini menyebabkan sejumlah bidang atau pekerjaan mengalami kemunduran penghasilan.

Bahkan, tidak sedikit yang harus melepas pekerjaannya karena keadaan yang tidak memungkinkan.Pada dasarnya, pekerjaan freelance bukan hadir secara tiba-tiba di masa pandemi ini. Bahkan, sejak tahun 2013 ke atas, pekerjaan ini telah menjadi ladang penghasilan bagi orang-orang tertentu.

Memang harus diakui bahwa pekerjaan sebagai freelance sangatlah menggiurkan untuk ditekuni. Apalagi jika memperoleh job dari luar negeri yang bergaji dollar. 

Pastinya, Anda pun juga tidak akan menolak jika memperoleh gaji dengan mata uang nomer satu tersebut.Meskipun demikian, jangan hanya melihat enaknya dari luar saja.

Sebab, gaji yang besar juga selaras dengan pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Salah satunya yakni Anda harus memiliki modal, minimal bahasa asing. 

Sebab, bahasa merupakan alat utama dalam menjalin komunikasi dengan klien yang berasal dari luar negeri. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari job freelance dari luar negeri, sebaiknya perbaiki dulu kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Namun, jika Anda masih awam di dunia freelance, maka tidak perlu terburu-buru untuk mengambil job dari luar negeri. Anda bisa mengawalinya dengan mengambil job dalam negeri. 

Tentunya, pekerjaan freelance di dalam negeri tidak kalah banyak jika dibanding dengan luar negeri. Sehingga, ada banyak peluang yang bisa Anda ambil untuk menekuni pekerjaan freelance tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa Anda ambil dan terapkan jika benar-benar ingin menggeluti dunia freelance. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Mantapkan Niat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan