Mohon tunggu...
Dila Meilinda
Dila Meilinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas negeri Malang

Kkn universitas negeri Malang di desa Sumberejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Psikologi Bermain Minggu Ke-2 oleh Mahasiswa KKN MBKM UM

20 Januari 2022   22:54 Diperbarui: 20 Januari 2022   23:34 85 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setelah menyelesaikan program kerja implementasi psikologi bermain pada minggu pertama dengan tema perkembangan motorik kasar, motorik halus, dan kognitif oleh mahasiswa KKN MBKM UM maka saatnya melanjutkan program kerja implementasi psikologi bermain dengan tema perkembangan bahasa dan sosioemosi pada minggu kedua. Pelaksanaan program kerja lanjutan ini tetap dilaksanakan di RA Raudlatul Ulum pada tanggal 23 dan 24 November 2021. 

Pada tanggal 23 November 2021 lalu, mahasiswa KKN MBKM UM mengimplementasikan konsep psikologi bermain dengan tujuan meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Stimulasi yang diberikan berupa permainan stick flash yang dapat merangsang anak-anak untuk menyebutkan beberapa kosa kata sesuai dengan gambar yang terdapat pada kertas-kertas di stick-stick. 

Stimulasi gambar yang digunakan adalah gambar-gambar hewan yang mudah dikenali oleh anak-anak seperti ayam, burung, kucing, sapi, bebek, anjing, harimau. 

Pada hari berikutnya yaitu pada tanggal 24 November 2021, mahasiswa KKN MBKM UM mengimplementasikan konsep psikologi bermain dengan tujuan meningkatkan perkembangan sosioemosi anak usia dini. 

Stimulasi yang diberikan adalah permainan jump and match the egg. Jadi pada permainan ini anak-anak diminta untuk melompat pada setiap gambar yang telah disediakan dan mencocokkan gambar telur yang telah pecah sesuai dengan warnanya. Permainan ini dilakukan secara bergiliran dengan diawali oleh mahasiswa untuk mencotohkan kepada anak-anak. 

Selama proses pemberian stimulasi pada minggu kedua ini anak-anak sangat antusias untuk mengikuti kegiatan yang diadakan. Pendekatan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada anak-anak RA Raudlatul Ulum juga sangat baik, sehingga tidak ada penolakan dari mereka. 

Pemberian stimulus yang dilakukan diharapkan nantinya tidak berhenti disini saja, akan tetapi diharap bunda-bunda di RA tetap melanjutkan pembelajaran yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan pada anak usia dini. 

Oleh karena itu mahasiswa KKN MBKM UM nantinya akan memberikan buku panduan kepada pihak RA yang berisi konsep dan contoh permainan yang dapat menstimulasi perkembangan motorik kasar, motorik halus, bahasa dan sosioemosi pada anak usia dini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan