Mohon tunggu...
Diky Arif Widodo
Diky Arif Widodo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Salah Satu Makam Bersejarah Terdapat di Kelurahan Kapasari Yakni Makam R. Toemanggoeng Soedjono Kusumo

19 Juli 2022   12:03 Diperbarui: 19 Juli 2022   12:05 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SURABAYA - Makam R. Toemenggoeng Soedjono Kusumo merupakan makam private yang berada di Jl. Kalisari Pesarean No. 1A RT. 4 RW. 10 Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan makam Mbah Toemenggoeng ini karena makam ini bukanlah makam wisata untuk kunjungan seperti halnya makam Wali Songo.

Mbah Yati yang merupakan keturunan ke -- 6 atau yang dalam istilah Jawa disebut sebagai "canggah" dan yang saat ini ditunjuk sebagai juru kunci mengungkapkan bahwa R. Toemenggoeng Soedjono Koesoemo yang masih memiliki hubungan darah dengan Sri Sultan Hamengkubuwono I. R. Toemenggoeng Soedjono Koesoemo ditunjuk sebagai calon Sri Sultan Hamengkubuwono II. 

Tetapi pada masa itu, R. Toemenggoeng Soedjono Koesoemo sedang berkelana mencari ilmu sehingga beliau menolak untuk mengambil jabatan tersebut. Pada saat berkelana, beliau menjadi Bupati di Surabaya. Setelah sekian lama mejadi Bupati di Surabaya, R. Toemenggoeng Soedjono Koesoemo menikah dengan seorang Bupati Madura pada saat itu. (Kamis/30/6/2022)

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan