Mohon tunggu...
Dike Farid Demanto
Dike Farid Demanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Hobi saya sering medokumentasi keseharian melalui video-video atau foto

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebudayaan di Lingkungan Masyarakat

7 Desember 2022   07:30 Diperbarui: 2 Januari 2023   23:11 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KEBUDAYAAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Dike Farid Demanto, Novianty Djafri

Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

Abstrak

Dalam penulisan artikel ini dimaksudkan agar pembaca dapat menambahkan wawasan melalui pembacaan artikel dan dalam pemenuhan tugas mata kuliah Wawasan Budaya Nusantara sebagai tugas akhir. Penulisan artikel ini memakai metode penelitian kajian pustaka yang dimana di susun dari berbagai sumber literatur seperti media elektronik, jurnal akademik dan buku–buku yang terkait kebudayaan di lingkungan masyarakat. Meliputi pengertian kebudayaan di lingkungan masyarakat, unsur budaya, sifat kebudayaan, serta perubahan budaya di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : masyarakat, lingkungan, sosial.

PENDAHULUAN

Kebudayaan lingkungan masyarakat sama dengan lingkungan hidup yang dimana aktivitas terkait dengan lingkungan soisial sekitar sehingga akan tumbuh adanya kebudayaan pada lingkungan masyarakat tersebut. Lingkungan sosial budaya tidak pernah lepas dari pemahaman tentang lingkungan hidup dan perilaku-perilaku manusia. Pemahaman lingkungan hidup juga tidak akan pernah lepas dari pemahaman tentang kehidupan. Semakin banyak hal sosial yang diketahui akan semkin banyak terbentuknya kebudayaan-kebudayaan di dalam lingkungan masyarakat.

Secara umum bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam sebuah proses pembentukan kebudayaan di lingkungan masyarakat karena akan dapat membentuk watak dan kepribadian yang lebih serasi dengan perubahan zaman. Masyarakat dan lingkungan sosial membawa perubahan sikap dan nilai-nilai budaya yang sudah ada maka akan terjadi perubahan-perubahan sistem nilai budaya dalam hubungan interaksi sosial di dalam lingkungan masyarakat.

METODE

Dalam penyusunan artikel ini dibuat dengan metode kajian pustaka dengan melakukan penelusuran pustaka serta pencarian sumber-sumber yang relevan dan pencarian data melalui internet. Informasi yang digunakan yaitu dari berbagai skripsi, media elektronik, dan beberapa pustaka yang relevan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun