Mohon tunggu...
Digital Education
Digital Education Mohon Tunggu... Dosen - Lecture

Seorang pembelajar yang terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Halusinasi Penglihatan (Visual)

12 Oktober 2022   12:00 Diperbarui: 12 Oktober 2022   12:02 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi halusinasi penglihatan (sumber: alodokter.com)

Halusinasi penglihatan adalah salah satu kondisi yang tidak bisa diabaikan atau dianggap remeh karena dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari bagi penderitanya. Penyebab munculnya halusinasi penglihatan, yaitu:

  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan penggunaan narkoba. Hausinasi penglihatan dapat disebabkan karena mengkonsumsi alkohol yang berlebihan serta penggunaan narkoba, seperti kokain, ekstasi, dan golongan psikedelik. Obat-obatan tersebut memberikan efek halusinasi pada saat bereaksi. Apabila seseorang mengkonsumsi alcohol dan narkoba secara bersamaan dapat mengakibatkan seolah melihat kilatan cahaya hingga seolah berbicara dengan seseorang padahal sebenarnya tidak ada. Efek halusinasi penglihatan dapat tetap dirasakan oleh seseorang meskipun sudah berhenti mengkonsumsi narkoba ataupun minuman beralkohol.
  • Gangguan kejiwaan. Seseorang yang mengalami gangguan mental dapat mengalami halusinasi, seperti halusinasi penglihatan. Seseorang tersebut akan merasa mendengarkan suara orang berbicara atau suara-suara lain padahal kenyataannya tidak ada siapapun atau apapun disekitarnya yang menghasilkan suara. Ada beberapa kondisi yang dapat menjadi pemicu seseorang menderita halusinasi suara, antara lain:gangguan kepribadian bipolar, skizofrenia, delirium, hingga depresi atau stress berat.
  • Gangguan pada saraf dan otak. Halusinasi penglihatan dapat dipicu oleh adanya gangguan pada bagian otak dan saraf manusia. Beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan adanya gangguan pada bagian otak dan syaraf, diantaranya: penyait Parkinson, penyait Alzheimer, demensia, stroke, epilepsi, dan tumor otak. Selain penyakit, seseorang yang pernah mengalami cedera di bagian kepala juga dapat mengalami halusinasi, seperti halusinasi penglihatan.
  • Gangguan penglihatan. Seseorang yang memiliki gangguan penglihatan, seperti pengidap Syndrom Charless Bonnet dapat mengalami halusinasi penglihatan. Seseorang yang mengidap Syndrom Charles Bonnet dpaat merasa melihat pemandangan seperti dipenuhi manusia dan hewan, padahal pada kenyataannya tidak ada. Penyakit ini sering diderita oleh orang yang sudah lanjut usia karena dipicu oleh degenerasi macula, katarak, atau glaukoma. Selain Syndrom Charles Bonnet, kondisi fisik saat mengalami demam tinggi atau adanya infeksi juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami halusinasi penglihatan. Selain itu seseorang yang mengalami gangguan tidur, seperti insomnia atau narkolepsi juga berpotensi mengalami halusinasi penglihatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun