Mohon tunggu...
Diffa Nabila
Diffa Nabila Mohon Tunggu... Penulis

Pengarang

Selanjutnya

Tutup

Digital

UNBK?

26 Februari 2020   14:26 Diperbarui: 26 Februari 2020   14:26 8 0 0 Mohon Tunggu...

Baru-baru ini tidak jarang orang yang membicarakan mengenai Ujian Nasional dengan berbasis komputer. Itulah salah satu upaya pengembangan teknologi di Indonesia.

Computer Based Test atau yang sering disebut dengan istilah CBT ini memang sudah seharusnya diberlakukan pada sistemUN di Indonesia. Pada dasarnya, sistem ini tidak hanya untuk pengembangan teknologi saja, namun sistem ini juga lebih efisien dan lebih hemat dibanding dengan Paper Based Test yang harus mencetak soal ke dalam kertas. Padahal, peserta Ujian Nasional sangatlah banyak,dapat mencapai jutaan peserta. Tidak hanya itu, biaya pengiriman naskah soal pun tidak sedikit.

Pemanfaatan teknologi seperti itu sebenarnya sangatlah meringankan. Manfaat yang diberikan nya pun tidaklah sedikit. Manfaat tersebut tidak hanya didapat oleh pemerintahan saja. Untuk siswa, mereka akan lebih terbantu, karena mereka sudah tidak focus menghitamkan  jawaban. Selama ini, factor menjawab pada kertas LJK sangatlah memengaruhi pada nilai mereka. Mereka hanya tinggal mengeklik  jawabannya. Jadi, waktu nya tidak terbuang sia-sia.

Kendala dari program tersebut adalah beberapa masyarakat yang belum bisa menyetujui hal tersebut. Mereka menganggap bahwa CBT tersebut akan membebankan siswa, terutama pada siswa yang belum lancar dalam masalah teknologi.

Nama : Adit Noviansyah
Kelas : XII Mipa 1

VIDEO PILIHAN