Kandidat

Chairul Tanjung, Anak Singkong Cawapres Jokowi

12 Juli 2018   14:35 Diperbarui: 12 Juli 2018   14:45 747 8 12
Chairul Tanjung, Anak Singkong Cawapres Jokowi
www.instagram.com/akunketansusu

Spekulasi terkait nama calon wakil presiden, terutama yang akan mendampingi petahana Joko Widodo memang menarik untuk di cermati. Banyak nama yang kerap mencuat ke publik serta berasal dari berbagai macam golongan baik tokoh partai, pengusaha, profesional, hingga yang memiliki latar belakang militer. Bahkan terdapat juga nama-nama para pembantu presiden baik di dalam kabinet maupun di luar.

Menurut Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, seperti yang dikutip dari situs berita Tribunnews, Rabu, 20 Juni 2018, mengatakan bahwa nama Chairul Tanjung memiliki nilai lebih untuk mendampingi Jokowi di pertaruhan Pilpres 2019 mendatang. Bahkan masih menurut Qodari, meskipun pernah sama-sama memiliki pengalaman di kabinet, nama Chairul Tanjung memiliki nilai lebih dibanding Rizal Ramli.

Kelebihan yang dimiliki oleh pemimpin CT Corp yang membawahi banyak media-media nasional terkemuka ini adalah di nilai dekat dengan komunitas ataupun kelompok Islam yang baik.

"Chairul Tanjung kelebihannya karena dia seorang praktisi. Satu lagi kelebihannya karena memiliki media yang sangat besar grupnya," ucap Qodari di hotel kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018), seperti yang di kutip dari situs berita Tribunnews.

Selain itu, sosok Chairul Tanjung juga dianggap mampu mengelola perekonomian dengan baik. Hal ini dikarenakan pengalaman sebagai pengusaha sukses. Terlebih, beliau memiliki jaringan raksasa media. Tentunya hal tersebut memiliki nilai tambah (added value) tersendiri bagi siapapun yang ingin mengusungnya menjadi cawapres. Seperti kita tahu, barangsiapa yang menguasai informasi maka ia akan mampu menguasai dunia.

Yang tidak kalah menarik adalah nama Chairul Tanjung juga ternyata ikut dilirik oleh kubu lawan dari Jokowi, yaitu Prabowo Subianto. Seperti yang di kutip dari situs berita Viva, Sabtu, 7 Juli 2018, bahwa Prabowo mengaku tengah mempertimbangkan pengusaha sukses Chairul Tanjung sebagai salah satu kandidat cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2019 yang akan datang.

"Nama Chairul Tanjung akan di bahas dengan mitra-mitra (partai koalisi) saya," ucap Prabowo di Gelanggang Olah Raga Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7/2018), seperti yang di kutip dari situs berita Viva.

Hal-hal tersebut tentunya harus menjadi pertimbangan kubu petahana jika memang ingin serius mengambil Chairul Tanjung sebagai cawapres Jokowi. Nama Chairul tanjung bahkan masuk ke dalam survei LSI dengan perolehan suara sebesar 17 persen sebagai cawapres ideal pada bidang ekonomi. Hal tersebut membuktikan kemampuannya dalam memperbaiki kondisi ekonomi bangsa.

Kesuksesan pria yang lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962 ini memang patut diteladani terutama dalam hal ketekunannya merinitis sebuah usaha. Chairul Tanjung pun bertransformasi, dari sekedar anak singkong hingga kini menjelma sebagai seorang anak emas kebanggana Indonesia.