Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

"Nurul Huda" Masjid yang Bikin Adem dan Hati Tenang Ketika Beribadah

30 April 2021   16:57 Diperbarui: 30 April 2021   17:07 391 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Nurul Huda" Masjid yang Bikin Adem dan Hati Tenang Ketika Beribadah
Remaja Masjid Nurul Huda Kesambi (Dok. Davi)

Masjid Nurul Huda, masjid yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya. Masjid ini selalu dikunjungi setiap hari untuk beribadah baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Masjid ini terletak di Blok Kesambi Desa Gabuswetan Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Lokasinya dekat dengan jalan kabupaten, sehingga sering sekali ada jemaah atau tamu dari daerah lain ikut sholat di masjid tersebut baik sholat wajib, sholat jum'at maupun sholat sunnah.

Kegiatan Nisfu Syaban (Dok. pribadi)
Kegiatan Nisfu Syaban (Dok. pribadi)
Selama bulan Ramadan, masjid Nurul Huda selalu ramai oleh umat yang melaksanakan ibadah baik untuk sholat wajib dan sholat sunnah tarawih. Bahkan jamaah sampai sholat di luar masjid karena di dalam penuh oleh jamaah.

Masjid ini menurut saya selalu bersih sehingga nyaman untuk sholat. Karena ada petugas yang membersihkan masjida setiap hari. Dari mulai disapu, dan dipel sehingga tidak ada kotoran baik yang menempel di lantai dan plafon.   

Kebersihan kamar mandi dan tempat wudhu pun selalu dijaga sehingga nyaman digunakan baik oleh warga sekitar ataupun ketika ada tamu dari daerah lain yang ingin beribadah.

Lantai masjid selalu bersih (Dok. Pribadi)
Lantai masjid selalu bersih (Dok. Pribadi)
Sayangnya kamar mandinya hanya ada satu, sehingga sering rebutan ketika ada anak-anak, atau orang dewasa yang sedang ada di kamar mandi.

Menariknya masjid ini diramaikan oleh anak-anak muda yang selalu aktif. Dari mulai adzan ketika sudah masuk waktu sholat, kemudian pujian, iqomah dan dilanjutkan dengan sholat berjamaah.

Remaja masjidnya aktif dalam berbagai kegiatan seperti peringatan hari besar Islam, penerimaan dan pembagian zakat fitrah, penyembelihan, dan pembagian hewan qurban, hingga membangunkan sahur di masjid.

Sound system di masjid ini pun cukup memadai untuk kegiatan keagamaan, dan tidak mengganggu warga di sekitar. Selama bulan Ramadan kegiatan tadarus menggunakan toa dibatasi hanya sampai jam 9.30 atau jam 10 malam.

Masjid ini dilengkapi dengan pendingin ruangan (Dok. Yusuf)
Masjid ini dilengkapi dengan pendingin ruangan (Dok. Yusuf)
Masjid ini sangat sejuk, setelah seluruh ruangannya dipasang kipas angin dan pendingin ruangan. Pendingin ruangan digunakan hanya pada saat menjelang waktu sholat berjamaah. Sehingga menambah kenyamanan saat beribadah.

Sayangnya masjid ini sekarang kekurangan pengajar untuk anak-anak kecil, sehingga tidak ada yang mengajar iqro atau baca tulis Al Qur'an setelah sholat magrib hingga waktu sholat isya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN