Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

7 Hal yang Dirindukan Saat Ramadan

16 April 2021   17:14 Diperbarui: 16 April 2021   17:31 282 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Hal yang Dirindukan Saat Ramadan
Menu Makanan Buka Puasa Bersama (Dok. Didno)

Arti rindu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu, atau memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu (hendak pulang ke kampung halaman).

Jadi rindu tidak diartikan rindu pada kekasih atau pacar saja tetapi bisa rindu kepada anak, istri atau suami, orang tua, teman, keluarga dan lain-lain, termasuk rindu kepada salah satu bulan yang istimewa bagi umat Islam yakni bulan Ramadan.

Ada banyak hal yang sangat dirindukan oleh orang Islam saat bulan Ramadan atau bulan puasa. Sehingga banyak orang yang ingin berjumpa kembali dengan bulan tersebut. Berikut ini 7 hal yang sering dirindukan saat bulan Ramadan dan alasannya :   

1. Membangunkan Orang dan Makan Sahur

Kalau bukan bulan puasa, kita akan marah jika malam-malam ada yang berisik apalagi membangunkan orang untuk makan. Tetapi selama bulan ramadan tidak ada orang yang marah ketika ada anak-anak muda membangunkan sahur baik menggunakan kentongan, bedug, alat masak atau lainnya.

Begitu juga saat dibangunkan menggunakan pengeras suara. Apalagi orang yang membangunkan tersebut menyebut nama kepala keluarga yang dibangunkan. Tidak ada seorangpun yang marah akan hal tersebut.

Selain dibangunkan, tentu saja yang dirindukan adalah saat makan sahur. Kalau hari biasa makan tengah malam setelah tidur terlebih dahulu rasanya malas sekali terutama untuk bangunnya. Tetapi pada bulan Ramadan ada yang dirindukan yakni makan sahur.

Makan sahur merupakan sunnah dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, agar saat menjalankan ibadah puasa tidak lemas. Apalagi bagi mereka yang siangnya bekerja makan sahur akan menambah stamina dalam beraktivitas atau bekerja.

Makan sahur juga memiliki hikmah, terutama untuk menambah keakraban sesama anggota keluarga.

Takjil (Dok. Pribadi)
Takjil (Dok. Pribadi)
2. Ngabuburit Mencari Takjil

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda dari kalimat "ngalantung ngadagoan burit" atau artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. Ngabuburit menjadi hal yang dirindukan saat bulan Ramadan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN