Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Materi Reguler Pemahaman Lokasi Melalui Peta

25 Juli 2018   19:02 Diperbarui: 25 Juli 2018   19:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
Materi Reguler Pemahaman Lokasi Melalui Peta
Peserta didik sedang mengamati peta (dok. Pribadi)

Apakah Anda masih ingat dengan peta? Ah sepertinya sekarang sudah lupa karena tergantikan dengan GPS (Global Positioning System) atau Google Maps. Padahal dulu peta itu sangat penting bagi siapa saja yang akan melakukan perjalanan jauh dan belum pernah dikunjungi.

Jadi apa itu peta?. Peta adalah gambaran permukaan bumi pada suatu bidang  datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. Pada peta terdapat sejumlah informasi yang terdapat di dalamnya. Kita harus mampu  membaca  peta tersebut agar  dapat memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Peta sendiri terdiri atas beberapa komponen penyusunannya. Berikut ini komponen-komponen penyusunan peta :

  • Judul Peta. Setiap peta pasti memiliki judul peta yang menunjukkan isi suatu peta. Sebagai contoh, "Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia" yang isinya adalah peta daerah-daerah yang termasuk dalam negara kesatuan republik Indonesia.
  • Skala Peta. Skala peta menunjukkan perbandingan antara jarak yang ada di peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Contoh, skala sebuah peta adalah 1 : 1.000.000, berarti 1 cm pada peta berbanding dengan 1.000. 000 cm atau 10 km pada jarak yang sebenarnya. Skala peta dibagi menjadi skala angka dan skala garis atau grafis.
  • Orientasi Utara atau Arah Mata Angin. Biasanya sebuah peta memiliki orientasi arah utara. Bentuk orientasi arah ditunjukkan  oleh  simbol  berbentuk  panah  dengan  bentuk  yang bervariasi. Penempatannya pada kolom legenda atau pada bagian yang kosong di bagian peta.
  • Simbol peta. Simbol peta adalah tanda khusus pada peta yang mewakili objek yang dipetakan. Adanya simbol peta adalah untuk memudahkan pengguna peta dalam membaca dan memahami isi peta. Berdasarkan bentuknya, simbol peta dapat dibedakan menjadi simbol titik, simbol garis, simbol warna dan simbol area.
  • Garis Koordinat. Garis koordinat adalah garis khayal pada peta berupa koordinat peta dalam bentuk garis lintang dan garis bujur.
  • Inset. Inset merupakan peta kecil yang terdapat pada peta yang menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan diantara lokasi lainnya yang lebih luas.
  • Legenda. Legenda menunjukkan keterangan semua objek yang ada atau muncul pada muka  peta. Pada legenda inilah seorang bisa membaca peta dengan mengetahui objek yang ada pada wilayah yang di petakan. 

Itulah materi reguler tentang komponen-komponen yang ada pada peta, semoga materi ini bermanfaat bagi Anda semua.