Bisnis

Usaha Rumahan Bermodal Kecil

26 Juni 2018   15:16 Diperbarui: 26 Juni 2018   15:30 404 0 0

Rasa-rasanya kebanyakan orang yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk bekerja pernah  punya keinginan untuk berbisnis. Apalagi dengan bermunculannya, kisah sukses mereka yang berbisnis. Dan hebatnya, mereka memulai bisnisnya tersebut pertama kali dari bisnis rumahan.

Inilah juga yang dialami Mail, karyawan di salah satu perusahaan di ibu kota, yang setiap harinya bukan cuma bergumul dengan pekerjaan, melainkan juga bergelut dengan macetnya jalanan. Terus-menerusnya ia berhadapan dengan situasi tersebut membuat dirinya jemu. Sampai-sampai buat tertawa pun berat rasanya. Berangkat pagi, pulang malam. Tapi, begitu tiba waktunya kenaikan gaji, bertambahnya masih kalah dengan naiknya inflasi tiap tahun.

Tak heran kalau pembawaan Mail yang dulunya ceria kini datar-datar saja. Malah wajahnya terlihat sedikit lebih tua dibanding rekannya yang seusia dengannya. Pernah Mail terpikir, "Daripada begini-begini saja, dapat capek doang mendingan berbisnis. Sekarang kan banyak tuh yang sukses bisnis kecil-kecilan malah ada yang jadi besar. Tapi, bisnis apa ya enaknya?"

Nah, tak hanya Mail yang didera pertanyaan ini, rata-rata yang awalnya mau berbisnis jadi urung karena tak dapat ide. Padahal, ide bisnis itu lebih dari hitungan jari jumlahnya dan banyak di antaranya merupakan bisnis rumahan. Mau tahu apa saja bisnis tersebut? Berikut ini beberapa tips bisnis yang bisa dimulai dari rumah alias bisnis rumahan.

1. Jualan Ayam Gepuk

Makanan yang satu ini juga masuk ke dalam jajaran kuliner terpopuler saat ini. Bagaimana tidak? Di beberapa jalan di ibu kota sampai ke pelosok perumahan, ada saja yang berjualan ayam gepuk. Soal rasa, jangan ditanya.

Sekilas ayam gepuk tak jauh beda dengan ayam penyet atau mirip-mirip nasi bebek. Tapi, pedasnya jelas berbeda dengan ayam penyet atau nasi bebek. Karena pedasnya ini, tak sedikit yang ketagihan dengan ayam gepuk. Sekitar 40 porsi ayam gepuk dapat terjual dalam sehari yang omzetnya mencapai Rp300 ribuan.

Modal yang mesti dipersiapkan untuk berbisnis ayam gepuk lumayan cukup besar. Modal lebih dari Rp35 juta cukup bagi Anda untuk memiliki franchise ayam gepuk lengkap dengan paketnya. Bagaimana? Berminat?

2.  Menjual Jus Buah

Jus yang segar dan enak adalah minuman yang menyehatkan dan disukai oleh semua orang. Jika anda mempunyai rumah yang banyak dilalui oleh orang dan ramai menjual jus buah dapat menjadi pilihan usaha rumahan yang menguntungkan untuk anda.
Memulai peluang usaha jus buah juga relatif mudah, yang anda perlukan adalah juicer, mesin untuk membuat packing jus, etalase jus yang menarik serta bahan-bahan dasar berbagai macam buah. Namun agar usaha rumahan jus buah sukses anda perlu memperhatikan tampilan etalase anda sehingga memberikan kesan yang segar serta sehat agar orang tertarik mencoba jus yang anda jual.

3. Usaha Laundry Kiloan

Sebagian orang mencuci pakaian kotor, sudah menjadi aktivitas rutin yang di lakukan setiap pekan. Tapi ada juga yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaiannya. Hal inilah yang bisa Anda ambil sebagai peluang usaha membuka usaha jasa laundry pakaian.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta padatnya aktivitas masyarakat perkotaan, membuat membuat mereka mereka malas untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka ingin menghemat waktu, tenaga serta tidak mau repot-repot. Selain itu mereka juga menginginkan pakaian bersih dan wangi. Nah dengan usaha laundry semua itu dapat didapatkan dengan biaya yang relatif murah.

Dengan melihat kondisi di atas Anda bisa membuka usaha jasa laundry. Mengingat banyaknya orang yang ingin mengunakan jasa ini, sehingga ada kemungkinan di masa depan usaha ini akan berkembang dengan pesat. Lalu bagaimana cara membuka usaha jasa laundry agar sukses dan bisa bertahan lama.

4. Bisnis Online Shop


Bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah bisnis online shop. Bisnis yang satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga Anda bukan? Kebanyakan online shop menjual produk pakian, sepatu dan aksesoris maka identiklah online shop sebagai toko online menjual produk-produk fashion

5. Membuka Kedai Kopi

Anda memiliki kebiasan meminum kopi atau menyukai kopi?

Kenapa tidak mencoba berbisnis ala kafe dengan membuka kedai kopi. Tentu tak perlu semewah kafe-kafe untuk membuat kedai kopi sederhana, modal yang dibutuhkan pun tak terlalu besar.

 Anda bisa menyulap halaman depan rumah menjadi kedai dengan menambahkan tenda, meja besar sebagai tempat meracik kopi, dan beberapa kursi.

 Bisnis kedai kopi akhir-akhir ini sedang naik daun karena peminat kopi kian banyak. Apalagi jika di daerah Anda banyak anak muda. Membuka kedai kopi saat malam tiba bisa menjadi penghasilan tambahan yang menggiurkan.

Sebagai daya tarik, Anda bisa membuat mini acara seperti nonton bareng petandingan sepak bola ataupun sekedar diskusi kecil-kecilan.

Sajikan juga menu-menu pendukung seperti gorengan, roti bakar, atau yang lainnya. Untuk menjaring semakin banyak pelanggan, Anda bisa menambah varian minuman seperti susu murni, susu jahe, dan lain sebagainya.