Puasa dan Lebaran adalah momen yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Momen ini selalu dinanti-nanti setiap tahunnya. Tidak hanya sebagai momen keagamaan, tapi juga sebagai momen yang membawa kegembiraan tersendiri bagi banyak orang.
Tidak heran jika momen ini juga menjadi momen yang strategis bagi banyak perusahaan untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak luas.
Tidak bisa dipungkiri, di setiap momen Ramadhan dan Lebaran, kita sering melihat iklan-iklan produk yang sangat akrab dengan kita di momen tersebut.
Brand image nya sangat kuat dan yang kita ingat, kalau puasa dan lebaran, pasti ada iklan ini. Atau, kalau iklan produk ini muncul, artinya sebentar lagi puasa dan lebaran.
Bahkan kita sampai menunggu-nunggu iklan seperti apa yang akan muncul tahun ini.
Kenapa bisa ada brand yang begitu kuat melekat di momen puasa dan lebaran ini? Apakah strategi branding memanfaatkan momen puasa dan lebaran ini efektif?Â
Apakah brand image yang dihasilkan bisa kuat dan bertahan lama? Bagaimana bisnis secara umum bisa punya brand image sekuat itu? Apa sebetulnya strategi yang dilakukan produk tersebut?
Mengapa brand image menjadi kuat di momen puasa dan lebaran
Momen puasa dan lebaran adalah momen yang spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Banyak perusahaan yang memanfaatkan momen ini sebagai ajang untuk memperkenalkan produk mereka. Hal ini dikarenakan momen ini memiliki pengaruh besar terhadap pola konsumsi masyarakat.
Selama Ramadhan, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa seharian penuh, dan di waktu berbuka mereka biasanya mengonsumsi makanan dan minuman yang lezat.Â
Selain itu, momen Lebaran juga menjadi waktu di mana masyarakat berbelanja untuk membeli pakaian baru dan keperluan lainnya.