Mohon tunggu...
Adisty Maharani Putri
Adisty Maharani Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sriwijaya

Halo! Saya Adisty Maharani Putri yang merupakan mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat dari Universitas Sriwjaya. Meskipun saya sedang mengemban di dunia kesehatan nyatanya saya sangat mencintai seni. Semua hobi saya berkaitan dengan seni seperti menulis puisi, sajak, bermusik, hingga perfilman.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

4 Contoh Mudah Mengelola Sampah ala Jepang

4 November 2023   22:55 Diperbarui: 4 November 2023   23:23 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengapa Jepang Patut Menjadi Contoh Dalam Pengelolaan Sampah?

Seperti yang kita ketahui Jepang adalah negara yang modern, negara yang penduduknya memiliki kedisiplinan yang tinggi, maju, dan merupakan salah satu negara di Asia yang dapat disejajarkan dengan negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Kedisiplinan masyarakat jepang tercermin dari caranya beraktivitas sehari hari. Mereka telah menerapkan disiplin mulai dari anak anak mereka. Karena kedisiplinannya ini Jepang sering menjadi kiblat untuk negara negara lain dari berbagai bidang. Salah satu kemajuan jepang yang patut dicontoh ialah sistem pengelolaan sampahnya. 

Inilah yang menjadikan Jepang sebagai negara Asia terbaik dalam kebersihan. Baik Lokal maupun Turis akan takjub melihat kebersihan jalanan jepang yang bebas sampah. Keberhasilan Jepang dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampahnya ini didukung oleh masyarakat dan pemerintahan yang saling bekerja sama. Pemerintah Jepang sendiri membuat peraturan khusus mengenai sampah, hal ini terbukti bahwa pemerintahanl Jepang sangat peduli terhadap pengelolaan sampah yang baik. 

Masyarakat Jepang mendapat edukasi mengenai pengelolaan sampah yang baik secara berkelanjutan. Tak hanya stop di edukasi, masyarakatnya juga diberdayakan untuk dapat mengelola sampah sendiri. Kesadaran dan disiplin masyarakat yang tinggi merupakan keuntungan bagi Pemerintah Jepang. Akibatnya pengelolaan sampah ini terus berkembang dan berkesinambungan, sehingga minim ditemukan sampah di jalanan Jepang. 

Lalu Bagaimana Sistem Mengelola Sampah Di Jepang?

Adapun cara masyarakat jepang mengelola sampah ialah sebagai berikut: 

  • Mendaur Ulang Sampah

Warga Jepang memiliki kebiasaan mendaur ulang sampah dan mengolahnya kembali agar bermanfaat. Bahkan ruas jalan raya Jepang terdapat campuran aspal yang dilapisi bahan yang terbuat dari sampah yang sudah didaur ulang.

  • Pembersihan Sampah Sebelum Dibuang

Banyak dari warga Jepang harus mencuci bersih sampah sebelum sampah itu dibuang ke tempat sampah. Jika warga Jepang sedang di perjalanan dan tidak sempat mencuci sampahnya, maka harus membawa kantong plastik sendiri untuk dibuang di rumah. Hal ini membuktikan bahwa sampah yang bersih merupakan hasil dari kedisiplinan warga Jepang dalam hal mengelola sampah.

  • Kerapihan Tetap Terjaga Saat Membuang Sampah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun