Mohon tunggu...
Dede Diaz Abdurahman
Dede Diaz Abdurahman Mohon Tunggu... Travel Blogger

Google Street View Trusted Photographer Content creator, vlogger, hobi travelling, suka foto, ngeblog, baca buku, footballover & coffee addict

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pokdarwis Guha Pawon Dukung Program Literasi Melalui Kegiatan Outing Class

20 Februari 2019   08:06 Diperbarui: 20 Februari 2019   08:07 24 0 0 Mohon Tunggu...
Pokdarwis Guha Pawon Dukung Program Literasi Melalui Kegiatan Outing Class
dokpri

Saat ini makin banyak sekolah sekolah yang menerapkan sistem pola belajar diluar kelas (outing class). Selain untuk mencegah kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar, outing class ini banyak memberikan manfaat baik untuk para siswa, pengajar2, ataupun pihak sekolah dan tempat pelaksanaan kegiatan.

Itu merupakan suatu bentuk simbiosis mutualisme yang bisa menjadi solusi bahkan win win solution kalau menurut saya. Disatu sisi pihak sekolah disediakan fasilitas oleh pihak pengelola tempat, disisi lain pemilik tempat bisa mendapat pemasukan serta terbantu promosi secara tidak langsung.

Salah satunya yang diterapkan di SMP Negeri 3 Cipatat Kabupaten Bandung Barat, pihak sekolah bekerjasama dengan pengelola situs purbakala Guha Pawon untuk melakukan kegiatan outing class bagi siswa siswi kelas IX.

Menurut Kepala sekolah SMP Negeri 3 Cipatat Ati Rosmiati, S.Pd, M.Pd pihaknya sangat mendukung sekali kegiatan belajar outing class ini. Karena selain memberikan pengalaman yang baru bagi siswa, juga bisa mengasah kemampuan adaptasi, kerjasama serta analisa siswa ketika berinteraksi di alam bebas.

Proses pembelajaran menggunakan alam sebagai media dipandang sangat efektif dalam knowledge management dimana setiap orang akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Pendidikan luar kelas tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, perhatian, tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku.

Apalagi kegiatan ini dilaksanakan di situs sejarah Guha Pawon yang notabene masih satu wilayah Kecamatan Cipatat, sehingga selain mendorong para siswa untuk mengenal sejarah dari Guha Pawon, para siswa juga bisa lebih mencintai dan mempunyai rasa memilik akan aset wisata yang ada di daerahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x