Mohon tunggu...
Dias Ashari
Dias Ashari Mohon Tunggu... Wanita yang bermimpi GILA, itu akuuu..

Mantan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ayo Desain Hidupmu !

2 Oktober 2020   13:51 Diperbarui: 2 Oktober 2020   13:55 49 5 0 Mohon Tunggu...

Seperti rumah, furniture, fashion yang harus didesain agar terlihat indah. Kamu pun harus melakukan hal yang sama dengan kehidupan. Menurut Arif Rahman Lubis, penulis buku " i have dream" dan penggagas akun Instagram @teladanrasul mengatakan bahwa untuk mendesain hidup diperlukan point untuk membantu merealisasikannya.

Pertama, kita harus menentukan tujuan hidup. Hal ini sangat penting, agar hidup kamu bisa terarah dan jelas. Coba saja bayangkan, ketika kamu ingin ke puncak gunung yang tinggi, namun kamu tidak tahu arah puncak, tidak ada peta, maka apa kamu akan tersesat ? sebetulnya bisa sampai namun dalam jangka waktu yang lama. Adapun kemungkinan terbesar adalah bisa tersesat.

Kedua, kamu harus memahami sedang berada diposisi apa sekarang. Jangan sampai kegeeran, merasa sudah baik dengan berbagai pencapaian yang sebenarnya biasa-biasa saja.

Bahkan terlihat kecil dibandingkan dengan potensi yang Allah berikan kepadamu. Pada tahap ini cobalah untuk membagi 4 peranan penting dalam hidup kamu.

Misalnya peran dalam hal ibadah kepada Allah SWT, peran dalam keluarga, sebagai anak, saudara, suami atau istri (jika sudah menikah), serta sebagai orang tua (jika sudah memiliki anak), peran dalam pendidikan, profesi, atau bisnis dan peran dalam pertemanan dan bermasyarakat. Adapun poin yang harus digaris bawahi disini adalah tentang komitmen dan kekonsistenan.

Ketiga, Bercita-citalah yang tinggi. Banyak hal didunia ini yang dimulai dengan desain di alam pikiran yang pada akhirnya terealisasi menjadi sebuah kenyataan. Desain tersebut dituliskan yang kemudian diperjuangkan agar menjadi ada.

Sebagai seorang muslim yang memiliki Tuhan yang maha besar dan maha segalanya. Maka sudah sepatutnya kita sebagai hambanya jangan meminta yang tanggung-tanggung untuk mimpi kita. Selama punya niat dan tekad yang kuat pasti Allah SWT akan mengabulkannya.

Keempat, Bercita-citalah yang jelas. Pepatah mengatakan bahwa engkau harus mempunyai desain cita-cita yang jelas, sebelum cita-citamu menjadi nyata.

Memiliki sebuah cita-cita yang jelas artinya kamu memiliki masa depan hebat yang hendak dicapai secara antusias dan terarah.

Memiliki cita-cita yang jelas juga berarti kita memiliki ekspektasi yang tinggi dan memaksimalkan potensi yang sudah Allah SWT anugerahkan kepada kamu.

Dengan cita-cita yang jelas inilah membuat diri semakin terpacu untuk melakukan yang terbaik hari demi hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN