Mohon tunggu...
Dian Triwilujeng
Dian Triwilujeng Mohon Tunggu... mahasiswa

MasyaAllah

Selanjutnya

Tutup

Digital

KKN 74 UNEJ: Membangun Ide Kreatif dan Pengenalan Software

14 Agustus 2020   16:33 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:50 6 0 0 Mohon Tunggu...

Abstract: Real Work Lecture Back to Village held by the University of Jember every year. This is a mandatory agenda, but this time it looks different from previous years. As is happening today, the whole world is experiencing a pandemic that doesn't know when it will end. With the dedication carried out in the village itself, it does not reduce the enthusiasm of the students to serve.

This research is expected to increase learning innovation and create creative ideas during the pandemic. This research will convey a work program regarding online media, as it can be used properly to create creative ideas. The back to village KKN implementation is located in the village of Sumberberas. Learning is not only at school, but can be outside of school as expected by the LP2M University of Jember with the KKN Back to Village dropping from 1 July to 14 August.

Keywords: Real Work Lecture, Back to Village, LP2M

Abstrak : Kuliah Kerja Nyata Back to Village yang diselenggarakan oleh Universitas Jember setiap tahunnya. Hal ini merupakan agenda wajib, namun kali ini Nampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang terjadi saat ini seluruh dunia sedang mengalami pandemic yang tidak tau kapan akan berakhir. Dengan pengapdian yang dilakukan didesa sendiri, tidak mengurangi semangat dari mahasiswa untuk mengabdi.

Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan inovasi belajar serta menciptakan ide kreatif dimasa pandemic. Pada penilitian ini akan menyampaikan program kerja mengenai media online, sebagaimana dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menciptakan ide kreatif. Pelaksaan KKN Back to Village berlokasi di Desa Sumberberas. Belajar tidak hanya pada sekolah saja, namun bisa diluar sekolah seperti yang diharapkan pihak LP2M Universitas Jember dengan penerjunan KKN Back to Village terhitung sejak tanggal 1 Juli sampai 14 Agustus.

Kata Kunci : Kuliah Kerja Nyata, Back to Village, LP2M

Kuliah kerja nyata atau yang biasa disebutkan dengan KKN diselenggarakan oleh Universitas Jember. Agenda tersebut merupakan agenda wajib tiap tahun yang dilakukan oleh pihak universitas jember sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat di daerah-daerah pelosok di kabupaten yang telah dipilih dan bekerjasama dengan pihak Universitas Jember.

Bentuk pengabdian sebagaimana implementasi atau praktek dalam bermasyarakat. Sebagai pengabdian terhadap masyarakat tentunya diharapkan mahasiswa dapat terlibat dengan seluruh kegiatan yang dilakukan di desa tempat KKN baik terjun langsung dengan masyarakat ataupun tidak.

Pada kegiatan KKN diharapkan juga mampu menerapkan ilmu yang telah diterima selama perkuliahan sebelum melakukan KKN ini terhadap kehidupan bermasyarakat. Kuliah Kerja Nyata terselenggara selama 45 hari terhitung sejak penerjunan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 14 Agustus. Selama kegiatan KKN mahasiswa akan membuat program kerja yang tentunya sangat diharapkan terselesaikan selama 45 hari dan memenuhi target. Serta memberikan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pada umumnya kegiatan KKN dilakukan secara offline atau langsung ke desa tertuju. Dengan berbagai kegiatan yang bisa berlangsung contohnya seperti membantu kegiatan yang terlah terselenggara oleh desa setempat, membuat inovasi baru untuk perkembangkan desa setempat, membantu kegiatan UMKM desa setempat, tidak lupa pula membantu kegiatan pemerintah desa setempat, serta masih banyak tentunya yang dapat dilakukan untuk kegiatan offline.

Kegiatan yang dilakukan tentunya tidak hanya berkaitan dengan pemberkasan atau kegiatan yang biasanya terjadi di kantor balai desa/ kelurahan. Pengabdian masyarakat juga bisa melalui bidang pendidikan dan tentunya akan sangat memberikan dampak yang berkelanjutan untuk mencerdaskan siswa setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN