Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

5 Ide Lomba 17an yang Bisa Dilakukan dari Rumah

14 Agustus 2021   22:05 Diperbarui: 14 Agustus 2021   22:07 309 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
5 Ide Lomba 17an yang Bisa Dilakukan dari Rumah
Unsplash/Rade Nugroho

Sebentar lagi hari ulang tahun Republik Indonesia tiba. Tentunya menjadi hal yang membahagian untuk semua warga Indonesia. Terlepas dari berbagai masalah yang sedang negeri ini hadapi, semangat perayaan hari kemerdekaan tidak akan luntur dari hati siapapun yang di hatinya selalu berkibar merah putih. Ia akan senantiasa merindukan teriakan "merdeka" walaupun mungkin belum sepenuhnya betul-betul merasakan apa yang dinamakan "merdeka" itu sendiri.

Peringatan hari ulang tahun adalah hal yang ditunggu-tunggu. Sebab di hari itulah semua rakyat Indonesia boleh merasakan merdeka, walaupun sebatas merdeka untuk tertawa lepas karena ikut menjadi peserta perlombaan yang bersifat hiburan alias seru-seruan.

Tertawa bersama saat lomba memasukan paku ke botol, joged balon, lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang ramai-ramai, lomba sepak bola menggunakan daster, balap karung mengenakan helem, menangkap belut menggunakan tepung terigu, dan banyak lagi lomba yang membuat semua peserta dan penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Sekarang keseruan dari permainan itu tidak bisa kita nikmati lagi. Wabah pandemi telah membatasi ruang gerak manusia. Tidak boleh berkerumun, apalagi saling berdempetan seperti saat kita mengikuti lomba bakiak.

Namun jangan khawatir, sebagai warga negara yang telah dididik untuk lebih kreatif oleh himpitan masa pandemi, tentunya masih banyak ide keren untuk memeriahkan peringatan HUT RI. Kita masih bisa kok, tetap berbahagia walaupun dengan merayakan 17an di rumah saja. Berikut adalah lima ide kreatif lomba 17an di rumah yang bisa diwujudkan atas kerja sama berbagai elemen. 

1. Lomba menciptakan lagu bertemakan Indonesia

Selama pandemi banyak orang yang banting setir menjadi pembuat konten. Dengan memanfaatkan berbagai aplikasi, baik itu di Tiktok, Instagram, Youtube apalagi. Semua mendadak lebih kreatif dan lebih melek teknologi.

Kekinian lagu yang nasionalis sudah jarang ditemukan. Lagu-lagu yang dinyanyikan selalu lagu-lagu yang diciptakan oleh komponis zaman dulu. Cobalah menyelenggarakan lomba membuat lagu yang lebih nasionalis yang bisa membangkitkan semangat dan memupuk kecintaan kepada negaranya. Pastinya ini akan memperkaya khazanah musik bernuansa Indonesia banget. Siapa yang menyelenggarakannya? Kelompok karang taruna yang kreatif bisa kok, menggandeng pemerintah dan pihak tertentu yang siap menajdi sponsor.

2. Lomba menulis dan membaca puisi kemerdekaan

Salah satu keahlian yang harus dimiliki di era kekinian adalah kemampuan menulis. Salah satunya adalah menulis puisi. Namun kebanyakan anak muda terutama menulis puisi adalah puisi romantika percintaan, rindu dan patah hati. Cobalah memabuat lomba menulis dan membaca puisi. Upload di video masing-masing sertakan nama penulis dan nama daerah pembuatnya. Selaian akan lebih banyak sastrawan dan seniman, hal ini pun akan mengangkat nama daerah penyelenggara lomba. Semakin banyak peserrta lombanya daerah tersebuh akan dipandang sebagai daerah yang kreatif dan nasionalis. Viewer terbanyak boleh mendapatkan hadiah hiburan yang menarik untuk dijadikannya motivasi agar terus semangat berkarya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan