Mohon tunggu...
Diantika IE
Diantika IE Mohon Tunggu... Freelancer

Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Market Day Melatih Kebaranian Anak Sejak Dini

21 Januari 2020   13:00 Diperbarui: 21 Januari 2020   15:02 115 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Market Day Melatih Kebaranian Anak Sejak Dini
Dokumen pribadi

Hari ini (Selasa, 21 Januari  2020) seluruh keluarga besar SDIT dan SMPIT Imam Bukhori bersuka cita. Semuanya bisa jajan kenyang di acara Market Day SDIT Imam Bukhori dengan dilayani pedagang cilik yang masih sangat unyu-unyu. Bagaimana tidak, kali ini pedagang yang menjajakan makanan-makanan lezat murah meriah adalah anak-anak lucu yang masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar. Luar biasa bukan?

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Anak-anak ini belajar menjajakan makanan yang mereka bawa dari rumah di meja-meja yang dijadikan sebagai stand jualan mereka. Meja-meja tersebut sengaja disimpan di ruangan terbuka, disiapkan oleh wali kelasnya masing-masing di halaman kelasnya.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Kegiatan jual beli yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh SDIT Imam Bukhori yang beralamat di Jl. Caringin Sayang Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sebelumnya, para orang tua sudah diberi surat edaran yang berisi tentang pemberitahuan kegiatan. Orang tua peserta didik pun menyambut dengan antusias. 

Memasak dan menyiapkan barang dagangan untuk dijual sang buah hati di sekolah. Keseriusan para orang tua ini terbukti dengan vaian kudapan yang dijajakan masing-masing anak. Makanan yang dijajakan pun dipastikan tidak mengandung zat pengawet, pewarna sintesis, pemanis buatan, dan bahan berbahaya lainnya. Hal itu telah diatur di surat pemberitahuan yang diedarkan pihak sekolah.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Tidak hanya para orang tua dan peserta didik yang menyambut baik program ini. Masing-masing wali kelas pun ikut  memeriahkan program. Wali kelas menyemangati peserta didik agar lebih percaya diri dengan membuatkan atribut koki khusus untuk anak-anak kelas bawah.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Nurgina AS, S.Pd. I, misal. Wali kelas IB ini memilih membuatkan topi koki untuk dipakai oleh anak pada kegiatan Market Day. Anak-anak pun terlihat sangat senang walaupun Nurgina merasa bahwa yang ia lakukan bukanlah hal yang istimewa, tetapi ia sangat lega melihat respon anak-anak yang begitu antusias dan bahagia.

Menurut guru yang akrab disapa Ibu Gina tersebut, pada Market Day kali ini, tujuannya berfokus pada penanaman sikap kemandirian,  keberanian, dan rasa percaya diri pada peserta didik SDIT, terutama yang berada di kelas bawah.

"Market Day tingkat kelas bawah tujuannya adalah untuk melatih kemandirian, keberanian dan rasa percaya diri. Mampu tidak, mereka tampil di depan umum, menjajakan makanan dan melayani pembeli dengan percaya diri. Kalau kelas 4, 5, dan 6, baru di sana mulai dilatih konsep jual beli, untung rugi, dan bagi hasil," ujar Gina.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Yaitu dimulai sekitar pukul 09:00 s.d. 12:00. Selepas solat dzuhur anak-anak masuk kembali ke kelas dan melanjutkan kegiatan belajar mengajar, dan baru akan pulang selepas solat asar nanti.  

VIDEO PILIHAN