Banyak sekali jenis-jenis strategi, metode, maunpun teknik dalam pembelajaran. Dari kesekian banyaknya itu sebagai seorang guru kita harus pandai-pandai dalam memilih strategi, metode maupun teknik yang tepat yang akan kita terapkan nantinya di SD. Karena tidak mungkin kita akan menerapkannya semua. Dan juga tentunya kita juga dalam menerapkan strategi, metode maupun teknik tersebut tidak harus selalu plek (sama betul) dengan yang ada di teori. Karena biasanya teori dengan praktek langsung di lapangan akan sedikit berbeda. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilah-milahnya.
Jenis strategi pembelajaran yang biasanya sering digunakan antara lain: strategi pembelajaran inkuiri yaitu yang menekankan pada proses siswa dalammencari dan menemukan materi. Strategi pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan yang dilakukan siswa untuk memecahkan masalah dengan cara membentuk kelompok-kelompok. Contextual Teaching and Learning (CTL)yaitu menekankan proses keterlibatan siswa dalam menemukan materi pembelajaran serta siswa dapat menghubungksn dengan kehidupan sehari-hari. Dan masih banyak lagi.
Jenis metode pembelajaran yang biasanya digunakan antara lain: Metode ceramah yaitu metode yang sudah digunakan sejak dulu yang menekankan proses pembelajaran pada guru saja. Siswanya hanya menerima materi tanpa mencari. Metode tanya jawab yaitu guru memberikan pertanyaan lalu siswa mennjawab ataupun siswa yang bertanya lalu guru akan menjawabnya melalui interaksi dua arah. Metode kerja kelompok yaitu siswa dibentuk dalam beberapa kelompok lalu guru memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh kelompok itu. Ada metode baru yang akhir-akhhir ini mulai muncul yaitu metode ceramah plus.ad 3 jenis metode plus yaitu plus tanya jawab dan tugas, plus diskusi dan tugas, plus demonstrasi dan latihan. Atau guru juga dapa menggunakan metode jigsaw yaitu guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4 atau 5 anggota, lalu setiap anggota bertanggung jawab atas salah satu subtopik dengan membentuk kelompok lagi sesuai subtopiknya yang terdiri dari 2 atau 3 orang, dan membahas subtopik yang ditugaskan. Setelah itu ia kembali ke kelompok yang pertama sebagai “ahli’ dalam subtopik itu dan menyampaikan hasil diskusi subtopiknya kepada temannya.
Sama halnya dengan strategi dan juga metode pembelajaran, teknik dalam pembelajaran juga banyak jenisnya, antara lain: Teknik syarahan, Teknik perbincangan, Teknik projek, Teknik penyelesaian masalah, Teknik dapatan, Teknik permainan, Teknik kooperatif.
Karena begitu banyaknya strategi metode dan teknik pembelajaran yang ad, maka sebagai guru kita harus pandai-pandai dalam memilih mana yang sebaiknya diguanakan dalam pembelajaran di SD.