Hijau

Rantai Makanan

12 Agustus 2017   21:47 Diperbarui: 12 Agustus 2017   22:29 315 0 0
Rantai Makanan
DOCUMENTSLIDE.COM

Happy Weekend Kompasianer,

untuk edisi pertama ini saya akan menulis tentang rantai makanan. seperti yang kita tahu bahwa setiap makhluk hidup di dunia ini memerlukan makanan untuk itu terciptalah rantai makanan. Rantai Makanan adalah Peristiwa Makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam Rantai Makanan ada makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, konsumen puncak dan pengurai (dekomposer). Tiap tingkat dari rantai makanan dalam suatu ekosistem disebut tingkat trofik. Panjang rantai adalah jumlah rangkaian antara produsen dan konsumen puncak.

1. Sejarah Rantai Makanan

Rantai makanan pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan dan filsuf Afrika-Arab Al-Jahiz pada abad ke-9 masehi dan kemudian dipopulerkan pada sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1927 oleh Charles Sutherland Elton, yang juga memperkenalkan konsep jaring-jaring makanan.

2.Komponen Utama Rantai Makanan

 Rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen, konsumen puncak, dan pengurai (dekomposer). 

  1.  Produsen adalah makhluk hidup autotrof yang bisa menghasilkan makanan sendiri dengan cara fotosintesis. Tumbuhan adalah produsen utama dalam rantai makanan.
  2.  Konsumen adalah pemakan makhluk hidup lain. Konsumen pertama biasanya merupakan hewan herbivora atau omnivora sedangkan konsumen berikutnya biasanya hewan karnivora atau omnivora.
  3.  Konsumen puncak adalah konsumen terakhir dengan kemungkinan menjadi mangsa sangat kecil. Biasanya hewan ini tergolong predator, terkuat, dan buas. Contoh konsumen puncak adalah elang, paus pembunuh, dan singa.
  4.  Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan makhluk hidup lain yang telah mati. Contohnya adalah jamur dan bakteri.  

3. Perbedaan Antara Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai Makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup denga urutan tertentu. Sedangkan Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari rantai makanan yang membentuk jaring-jaring dalam suatu ekosistem.

4. Contoh Rantai Makanan


Demikianlah tulisan yang dapat saya tulis. Semoga dapat bermanfaat untuk Kompasianer sekalian. Mohon maaf apabila banyak kekurangan.

Terima Kasih