Mohon tunggu...
Dian Kusuma Damayanti
Dian Kusuma Damayanti Mohon Tunggu... IRT, Bisnis Frozen Food Homemade and Healthy.

Tidak ada tempat terbaik untuk berbicara dan mengekpresikan rasa selain melalui tulisan. Motto hidup adalah do the best, selalu berpikir positif, tidak pernah menyerah dan sertakan Allah SWT dalam segala hal. Contact me melalui e-mail: dianjumhan@gmail.com II FB: Dian Kusuma Jumhan II IG: dianjumhan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inilah 10 Fase Perkembangan Psikologi Anak yang Wajib Pecinta Kompasiana Ketahui

8 April 2021   21:53 Diperbarui: 8 April 2021   21:59 87 1 0 Mohon Tunggu...

Hai, Pecinta Kompasiana!

Makin berkembangnya zaman dan teknologi maka pola pikir masyarakat juga berubah. Awalnya tertutup menjadi terbuka, semua serba mudah dan instan, padahal kita sadar bahwa pencapaian itu butuh proses yang panjang dilalui. Berubahnya pola pikir tersebut menjadikan kehidupan di masyarakat penuh dengan kompetisi dan lebih materialistis, hal ini menjadi masalah sosial yang cukup berbahaya. Berlatar belakang tersebut di atas, maka pentingnya kita mengetahui, bahkan memahami secara utuh fase perkembangan psikologi anak agar jiwa anak secara individual maupun sosial berkembang dengan sangat baik.

Apa saja fase perkembangan psikologi anak? 

Prinsip perkembangan yang aktif itu terletak dalam diri anak sendiri, bukan proses yang digerakkan oleh faktor di luar individu anak, tetapi setiap gejala perkembangan anak dikendalikan dan berdasar pada corak pembawaan, bakat, dan kemauan anak. 

Berikut ini sepuluh fase perkembangan psikologi anak yang wajib Anda ketahui.

1.Fase Kehamilan, Sebelum Lahir dan  Kelahiran

Fase ini membutuhkan kondisi fisik psikis baik, tingkat kesabaran dan emosi yang stabil dari seorang ibu karena sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan janin dan bayi.

2.Fase Bayi 0---2 Tahun

Fase ini disebut periode vital karena kondisi fisik dan mental bayi menjadi pondasi kokoh bagi perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya sehingga diperlukan kerjasama orang tua yang kuat agar bayi tumbuh sehat, fungsi-fungsi jasmaniah, lahiriah, motorik, dan gerak refleks berkembang baik.

3.Fase Kanak-Kanak 1---5 Tahun

Fase ini, perkembangan anak belum sempurna dan diperlukan naluri dan pengenalan pertama, anak mempunyai sifat egosentrisme naif, relasi sosial primitif, bersikap fisiognomis, trotzalter (menentang) pertama, muncul seksualitas awal anak, arti bermain, dan arti bahasa pada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN