Mohon tunggu...
Dian Anggraini
Dian Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswi

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penerapan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Milenial

30 November 2019   20:22 Diperbarui: 30 November 2019   20:33 657 1 1 Mohon Tunggu...
Penerapan Nilai-nilai Pancasila pada Generasi Milenial
dokpri

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus bisa menanamkan semangat Pancasila dalam diri kita, karena hal tersebut merupakan jati diri Bangsa Indonesia. Semangat Pancasila ialah semangat persatuan dan kesatuan yang di implementasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk berbagi semangat Pancasila kepada masyarakat, kami pun melakukan sosialisasi mengenai Pancasila di Car free day sepanjang jalan Ijen dan alun - alun kota malang dalam bentuk tanya jawab seputar nilai - nilai Pancasila. Sasaran dari kegiatan ini adalah kalangan pelajar yang sedang mengisi waktu luang mereka disana.

Pada kegiatan tersebut, kami menghampiri beberapa pelajar yang ada, lalu meminta izin kepada mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan kami. Setelah menyetujuinya, mereka mengambil pertanyaan yang telah kami sediakan. Kemudian mereka menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan sepengetahuan mereka. 

dokpri
dokpri
Dari pelajar-pelajar yang telah berpartisipasi, ada beberapa orang yang sudah benar dalam menjawab, namun masih ada juga yang salah dalam menjawab pertanyaan mengenai nilai-nilai Pancasila tersebut. Maka kami pun menjelaskan jawaban yang benar dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka terima. Setelah itu, kami meminta mereka untuk mentandatangani lembar yang bertuliskan "Saya Ikut Berpartisipasi Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila".

dokpri
dokpri
Pertanyaan yang kami buat merupakan pertanyaan tentang nilai-nilai Pancasila yang sebenarnya sudah ada dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada setingkat SMP sampai SMA, seperti apa saja contoh penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, apa arti pentingnya Pancasila bagi NKRI, sampai fungsi serta asal usul Pancasila.

dokpri
dokpri
Sosialisasi tentang nilai-nilai Pancasila sangat diperlukan agar generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa ini tidak lupa dan bisa terus menjaga jati diri Bangsa Indonesia. Mengingat bahwa di era industri 4.0 ini, para generasi millenial akan dituntut untuk berlomba-lomba menciptakan inovasi dan juga berpikiran kreatif, sehingga dikhawatirkan banyak remaja akan mulai melupakan jati diri Bangsa Indonesia yang berpedoman pada Pancasila sebagai Dasar Negara hanya karena mengikuti trend yang muncul dari budaya luar negeri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x