dian equanti
dian equanti karyawan swasta/dosen

mengajar bidang ilmu geografi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tren Penyembuhan Luka dan Kecantikan dengan Lendir Siput dan Ikan Gabus

16 Mei 2017   14:26 Diperbarui: 16 Mei 2017   14:35 485 2 0
Tren Penyembuhan Luka dan Kecantikan dengan Lendir Siput dan Ikan Gabus
perawatan-wajah-dengan-lendir-siput-591aab5b317a61a91d7ccc22.jpg

Perawatan wajah dengan lendir siput. Sumber foto : https://life.viva.co.id/news/read/430712-perancis-manfaatkan-lendir-siput-untuk-produk-kosmetik

Dunia kecantikan tidak pernah berhenti mencari khasiatbahan-bahan alam bagi kesehatan kulit. Mengapa sehat? Karena kulit sehat akanmemancarkan kecantikan alami, apapun warna aslinya. Tren kosmetik berbahandasar alami telah menjadi gaya hidup. 

Berbagai ekstrak tanaman yang telah lama dikenal untuk perawatankulit seperti lidah buaya, minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, hinggatren VCO (virgin coconut oil) dan minyak argan digunakan sebagai bahan utamaperawatan kecantikan, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. 

Selain berbasis nabati, minyak dan lemak hewan telah lamadipercaya khasiatnya bagi kecantikan kulit. Tradisi kecantikan Indonesia punyaminyak bulus. Lemak bulus, hewan sejenis kura-kura ini dijemur kemudian diovenuntuk diambil minyaknya. Manfaat minyak bulus diklaim dapat mengencangkan kulitwajah, obat jerawat yang ampuh, dan membuat kulit kenyal dan lembut.Kelemahannya adalah pada baunya yang kurang sedap, namun ini  bisa ditolerir karena pengaplikasiannya hanya1-2 jam kemudian dibilas, mirip masker. 

Belakangan kosmetika berbahan lendir siput banyak dijumpaikhususnya pada produk asal Korea Selatan. Produk skin care ini diproduksi dalamberbagai sediaan krim, masker dari negeri ginseng yang biasanya dibubuhi mereksnail, agar mudah dikenali kandungannya. 

Rupanya pengetahuan tentang khasiat lendir siput ini sudahdikenal sebagai penyembuh luka secara tradisional. Seorang teman bercerita,saat kecil jika terluka, ia diminta orang tuanya mencari siput di kebun.Biasanya siput ini menempel di batang pohon pisang. Siput ini dipecah, untukdiambil lendirnya. Luka akan cepat sembuh dan bekasnya juga hilang.

Perawatan wajah dengan siput hidup yang melata di wajah terasamenggelikan. Namun ada pameo yang mengatakan "mau cantik itu mestisakit". Perih saat facial,menahan godaan lapar karena diet, atau sesak napas pas pakai korset demi perutrata, atau sariawan karena kawat gigi. Cuma menahan rasa geli demi tampilankulit yang lebih muda tentu tak seberapa. Tampak lebih muda tentu impian semuawanita. Yang tak kalah menakjubkan, lendir siput dikatakan mampu memulihkankulit dari flek hitam, jaringan parut bekas luka (scars) dan menghilangkangaris keriput.  

Siput atau Helix Aspersa Muller Glycoconjugates tergolong hewanlunak. Untuk itu, ia diberi cangkang keras yang melindungi tubuhnya, sedangkankulit tubuh bagian bawah yang bergesekan dengan tanah, kulitnya mengeluarkancairan ekskresi berupa lendir. Sebagai perawatan wajah, lendir siput diklaimmengandung semua senyawa yang biasanya terdapat dalam berbagai produk krimkecantikan, antara lain elastin, protein, anti-mikroba, copper peptide,hyaluric acid, dan glycolic acid. Pada awalnya, snail cream ini dipasarkansebagai solusi jerawat, namun efektivitas lendir siput dalam beberapa testimonimampu menghilangkan keloid. Oleh karenanya sediaan lendir siput dilirik sebagaikosmetika pemulihan pasca operasi.

Jika lendir siput dipopulerkan industri kosmetika Korea Selatan,industri farmasi dan kosmetika dalam negeri mulai melirik bahan yang banyakdikenal masyarakat Indonesia, di antaranya ikan gabus. Ikan gabus merupakanikan yang banyak dijumpai di rawa-rawa. Dalam kuliner Indonesia, ikan gabusdigunakan sebagai bahan baku tekwan, pempek, kerupuk ikan atau dimasak sebagailauk. 

Belakangan, popularitas ikan gabus meningkat karena dipercayamembantu mempercepat pemulihan pasca operasi. Konon ibu yang melahirkan dengancara bedah sesar, lukanya akan lebih cepat kering dan pulih kesehatannya. 

Ikan gabus kaya akan albumin, sejenis protein yang merupakan penyusunutama putih telur unggas. Kandungan albumin yang tinggi dari ikan gabus inilahyang berperan membantu penyembuhan luka pasca operasi. Berbeda dengan lendirsiput yang lebih lazim digunakan sebagai sediaan topical (dioles ke kulit),ikan gabus bisa diberikan dalam bentuk kapsul tepung. Selain itu, ikan gabus memilikigizi yang lengkap, mulai dari protein berupa asam amino esensial dan nonesensial, serta mineral terutama Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium dan zatbesi. Bagi penderita malnutrisi, berdasarkan penelitian, pemberian kapsultepung ikan gabus selama selama 30 hari dapat memperbaiki status gizi, yangditunjukkan lewat peningkatan kadar hemoglobin (Hb), asupan energi dankarbohidrat. 

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapatdisintesis oleh tubuh sehingga hanya diperoleh dari asupan makanan. Ikan gabusmemiliki asam amino esensial seperti isoleusina, leusina, lisina, metiotinafenilalanina, treonina, triptofan, dan valina. Asam amino non esensial dalamprotein ikan gabus juga relatif tinggi seperti asam glutamate, arginin, danasam aspartat. Ketiga jenis asam amino ini berperan penting dalam penyembuhanluka. 

Perlu diketahui, bahwa pengolahan ikan gabus dalam bentukkonsentrat seperti kapsul dapat menyebabkan kandungan penting asam lemak danmineral hilang atau berkurang. Sehingga, konsumsi ikan gabus dalam bentuk segartetap lebih baik daripada bentuk kapsulnya.

Penelitian khasiat ikan gabus ini mengiringi upaya budidaya ikangabus. Harapannya agar persediaannya di alam tidak menjadi langka karenaperburuan berlebih. 

Jangan lupa, mau cantik dan sehat? Ayo makan ikan.

Sumber referensi :

https://hellosehat.com/apakah-lendir-siput-efektif-untuk-kecantikan/

https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Asfar2/publication/280882690_Potensi_Ikan_Gabus_Channa_Striata_Sebagai_Sumber_Makanan_Kesehatan_Review/links/55ca4a2208aebc967dfbe09c/Potensi-Ikan-Gabus-Channa-Striata-Sebagai-Sumber-Makanan-Kesehatan-Review.pdf

https://www.mongabay.co.id/2015/03/18/manfaat-ikan-gabus-sumber-protein-tinggi-penyembuh-penyakit/