Mohon tunggu...
Dian Ayu F
Dian Ayu F Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS

Assalamualaikum, semoga harimu lancar :)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Relawan Covid-19 UNS: Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Edukasi Pemahaman Masyarakat di Kampung Halaman

16 Juli 2020   20:29 Diperbarui: 16 Juli 2020   20:25 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Relawan Covid-19 UNS: Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Edukasi Pemahaman Masyarakat di Kampung Halaman
Dokumen Pribadi

Di tengah masa pandemi seperti saat ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) ikut berpatisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Upaya tersebut dituangkan dalam program "Kuliah Kerja Nyata (KKN) Relawan COVID-19 UNS". Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, program KKN di masa pandemi seperti saat ini mengharuskan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN secara individu di kampung halaman masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. 

Kegiatan KKN UNS ini sebelumnya akan dilaksanakan pada periode Juli-Agustus 2020, namun dikarenakan situasi dan kondisi pandemi seperti saat ini maka kegiatan diajukan dan terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan. Kegiatan KKN Relawan Covid-19 ini dibagi menjadi beberapa tema terkait Covid-19 yaitu kesehatan masyarakat, ketahanan pangan masyarakat, ketahanan ekonomi masyarakat, supporting keselamatan masyarakat, supporting pemahaman masyarakat, pendidikan selama Covid-19, penyusunan sistem informasi maupun secara langsung terjun menjadi satgas Covid-19.

Salah satu mahasiswa KKN Relawan Covid-19 UNS tahap 2 adalah Dian Ayu Fitriani (21), Mahasiswi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang melaksanakan kegiatan KKN UNS Era Covid-19 di Desa Mejobo RT 06 RW 02 Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus dibawah bimbingan Dr. Munawar Kholil, S.H.,M.Hum  selama 45 hari. Dalam kegiatan KKN ini, Dian mengambil tema besar  yaitu "Supporting Pemahaman Masyarakat Terkait Covid-19" yang dimulai dari tanggal 15 Mei sampai dengan 30 Juni 2020.

Kegiatan KKN ini dilakukan secara daring maupun terjun langsung ke lapangan. Beberapa program kerja KKN yang telah dilaksanakan diantaranya adalah penempelan infografik berupa poster mengenai Covid-19 di tempat umum yang sekiranya banyak dikunjungi oleh warga, penyediaan fasilitas cuci tangan, penempelan tanda jaga jarak, penyemprotan disinfektan, pembagian masker kain dan tanaman empon-empon ke warga secara door to door, pembagian face shield ke pedagang, hingga penyuluhan pembuatan Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) kepada ibu-ibu PKK sebagai upaya untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja. Selain program kerja yang dilaksanakan secara langsung tersebut, dilakukan pula sosialisasi daring edukasi pemahaman masyarakat mengenai Covid-19 menggunakan media poster ataupun video yang disosialisasikan melalui media sosial instagram maupun whatsapp grup PKK RT 06 RW 02. Hal ini dilakukan mengingat peraturan pemerintah mengenai larangan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak dan lebih efisiensi waktu.

Melalui berbagai program kerja yang dilakukan oleh Dian tersebut telah mendapatkan respon positif dari warga RT 06. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme warga untuk mengikuti berbagai program kerja KKN tersebut. Tak terkecuali dari ketua RT 06 yang dengan senang hati  mempersilakan Dian untuk melaksanakan KKN di wilayah ini karena dianggap turut serta dalam membantu pemahaman masyarakat mengenai Covid-19. Dengan berakhirnya kegiatan KKN ini diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar akan bahayanya Covid-19 dan senantiasa selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di berbagai aspek kehidupan.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x